Loading...

4 Tips Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Salah satu masalah yang sering dialami wanita yang baru melahirkan adalah perut yang kendor. Hal ini sebenarnya bukanlah hal yag aneh, karena ketika mengandung perut akan membesar dan setelah melahirkan secara otomatis akan membutuhkan waktu lama agar perut bisa kembali kencang.

Sebenarnya kulit perut yang agak menggelambir, pinggul yang besar setelah melahirkan tidak perlu terlalu dirisaukan. Namun namanya juga wanita, mereka selalu memperhatikan penampilan ingin selalu terlihat sempurna.

Nah, untuk mengecilkan perut setelah melahirkan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Beberapa di antaranya:

loading...

1. Senam Kegel dan Sit Up
Latihan otot seperti senam kegel dan sit up untuk menguatkan dan memperbaiki kembali otot-otot sekitar perut dan pinggul. Anda bisa melakukan olahrga ini sejak dua minggu setelah melahirkan, atau setelah anda sudah tidak merasakan sakit lagi usai melahirkan.

2. Latihan Beban dan Aerobik
Untuk hasil yang lebih baik, anda bisa mengombinasikannya dengan melakukan latihan beban (weight training) dan latihan aerobik, seperti: bersepeda, joging, atau berenang.

Lakukan olahraga tersebut maksimal sebanyak 5 kali dan minimal 3 kali dalam seminggu, dengan catatan harus dalam satu paket dan disesuaikan dengan kebutuhan setiap individu, misalnya: senam kegel dilakukan bersama dengan aerobik, bersepeda atau joging di lapangan atau di treadmill.

Sementara untuk intensitas waktu latihan, harus dilakukan secara bertahap. Patokannya adalah rasa sakit atau pegal. Jika Ibu merasa sudah terbiasa dan stamina semakin kuat maka intensitas latihan bisa ditingkatkan.

3. Mengatur Pola Makan
Perlu diingat, bahwa sangat disarankan bagi wanita yang ingin mengecilkan perut usai melahirkan untuk tidak melakukan diet sembarangan yang berakibat tidak lancarnya produksi ASI.

Anda yang baru melahirkan tetap harus menjaga makanan yang seimbang dengan memerhatikan cukup karbohidrat dan tinggi protein agar produksi ASI tetap lancar. Selain itu, makanan sehat juga membantu proses pemulihan sel-sel dan jaringan tubuh yang rusak pascamelahirkan. Untuk melancarkan pencernaan, anda bisa mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan serat, vitamin dan mineral.

4. Hasil dalam 2 Bulan
Jika olahraga mengecilkan perut ini dilakukan secara teratur dan rutin, maka dalam kurun waktu 6 minggu atau 2 bulan, hasilnya sudah akan terlihat. Tentu dengan catatan olahraga tersebut diimbangi dengan pola hidup yang sehat pula.

Namun perlu anda ingat, jangan melakukan olahraga secara BERLEBIHAN, karena jika dilakukan dengan berlebihan jusru akan menguras lemak yang ada dalam tubuh anda yang bisa berakibat tidak baik. Pasalnya, lemak yang terlalu sedikit pada wanita dapat menyebabkan terhentinya haid (amenorrhea sekunder) seperti yang ditemukan pada pelari maraton wanita. Normalnya, seorang wanita memerlukan lemak di dalam tubuh antara 15 – 20 persen. Oleh sebab itulah disarankan untuk tetap memerhatikan kebutuhan lemak dalam tubuh.

Loading...
4 Tips Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan | inicarak | 4.5