Loading...

4 Tips Cara Menghilangkan Ketergantungan Terhadap Media Sosial

Pada saat ini media sosial sepertinya sudah menjadi salah satu bagian dan kebutuhan dalam kehidupan manusia. Salah satu manfaat dari adanya media sosial di internet adalah kita bisa berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus bertemu langsung dengan orang yang kita ajak komunikasi.

Sayangnya, selain membuang-buang waktu, terlalu lama dan terlalu sering menggunakan media jejaring sosial bisa membuat ketergantungan dan menyebabkan kita menjadi kurang intens dalam berhubungan sosial dengan orang lain dalam dunia nyata. Karena itulah, perlu kiranya bagi kita untuk mengurangi dan bahkan kalau bisa menghilangkan ketergantungan terhadap media sosial.

Untuk mengurangi dan atau menghilangkan ketergantungan media sosial, ada beberapa tips yang bisa kita coba. Beberapa tips cara menghilangkan kecanduan media sosial misalnya:

loading...

1. Menonaktifkan Akun Media Sosial
Menjauhkan diri dari segala bentuk media sosial adalah langkah pertama yang bisa dilakukan. Cobalah untuk menonaktifkan akun Facebook dan men jauhi Whatsapp selama seminggu atau mungkin sebulan. Lihat cara positif perubahan ini. Lihat berapa jumlah waktu yang anda peroleh dari menghindari media sosial. Anda mungkin akan akan kehilangan banyak tweet terbaru dari teman anda. Tapi lihat sisi baiknya, anda akan punya lebih banyak waktu untuk keluarga dan teman-teman di kehidupan nyata. Gunakan waktu untuk melakukan sesuatu yang baru.

2. Gunakan Aplikasi Filter dan Blocker
Saat ini sudah ada aplikasi atau software yang bisa digunakan untuk membatasi penggunaan situs web tertentu, mengatur timer, atau menonaktifkan mereka sepenuhnya. Salah satu contoh aplikasi untuk memblokir situs adalah Coldturkey. Mulailah dengan mengatur penggunaan Facebook untuk periode tertentu.

3. Ganti Smartphone Anda
Smartphone membuat penggunanya lebih mudah mengakses internet. BIla anda sudah mulai merasa bahwa kecanduan media sosial sudah cukup parah, mungkin inilah waktunya bagi anda untuk mengganti smartphone anda dengan ponsel yang hanya terbatas pada penggunaan panggilan telepon dan SMS. Positifnya adalah bahwa sekarang anda memiliki ponsel dengan baterai yang bisa bertahan hingga berhari-hari lamanya tanpa anda charge.

4. Kurangi Kontak Ponsel Anda
Semakin banyak jumlah orang yang ada dalam kontak ponsel anda, maka akan semakin sering waktu yang akan mungkin anda habiskan untuk memeriksa kegiatan orang lain. Sekaranglah saatnya untuk mulai mengurangi daftar tersebut. Simpanlah hanya nomor sebatas orang-orang terdekat anda dan intensitas bertemu secara teratur.

Loading...

Hasil pencarian:

cara mengatasi ketergantungan terhadap media sosial, cara mengurangi ketergantungan whatsapp
4 Tips Cara Menghilangkan Ketergantungan Terhadap Media Sosial | inicarak | 4.5