Loading...

4 Tips Cara Merawat Gigi Anak agar Tetap Sehat

Semua jenis makanan yang manis seperti cokelat, es krim, kue, permen, dan lainnya sangat disukai anak-anak. Padahal, semua jenis makanan tersebut bisa jadi penyebab gigi anak rusak. Namun demikian melarang anak untuk memakan makanan tersebut sangatlah susah, bahkan terkadang tangisan dan rengekan bisa membuat orang tua justru mengizinkan.

Kita sebagai orang sangat berperan penting dalam urusan menjaga kesehata gigi anak. Jangan biarkan gigi anak Anda rusak dan merasakan sakit gigi. Sebelum sakit gigi menyerang anak, lakukan langkah-langkah berikut untuk menjaga kesehatan gigi anak.

1. Pastikan anak menyikat gigi dua kali sehari
Salah satu tips penting dalam merawat gigi adalah menggosok gigi minimal dua kali sehari. Untuk memotivasi agar anak mau dan terbiasa menggosok gigi, ajak anak untuk menggosok gigi bersama. Berikan contoh dan teknik yang tepat, sehingga pada akhirnya mereka akan terbiasa menjaga kebersihan giginya.

loading...

2. Pilih sikat gigi yang tepat untuk anak Anda
Untuk anak Anda, Anda bisa membeli sikat gigi yang memiliki bentuk kepala bulat dan bulu lembut. Sikat gigi tersebut akan menghilangkan plak dan partikel makanan dari gigi tanpa merusak enamel atau gusi. Ganti sikap gigianak setidaknya sebulan sekali.

3. Perhatikan pola makan anak
Apa yang dimakan anak akan mempengaruhi kesehatan gigi mereka. Sertakan buah-buahan dan sayuran dalam diet anak Anda. Terlalu sering makan yang mengandung gula akan membuat tumbuhnya plak dan berubahnya warna gigi yang pada akhirnya akan menciptakan bakteri dan asam yang merusak gusi. Selain itu, jangan biarkan anak Anda mengonsumsi kafein terlalu banyak.

4. Kunjungi dokter gigi secara teratur
Anak-anak cenderung menghindari dokter gigi karena takut dengan alat-alat yang digunakan. Untuk itu, berikan pengertian pada anak mengenai apa saja manfaat dari pemeriksaan gigi, sehingga mereka tidak akan takut saat kunjungan rutin. Lakukan pemeriksaan minimal enam bulan sekali.

Loading...
4 Tips Cara Merawat Gigi Anak agar Tetap Sehat | inicarak | 4.5