Loading...

4 Tips Cara Ngirit Pengeluaran Saat Bulan Puasa Ramadhan

Logikanya, karena siang kita makan dan tidak minum, maka pengeluaran juga berkurang. Namun faktanya tidak demikian, bulan puasa justru seringkali membuat pengeluaran jadi semakin membengkak.

Menurut Dwita Ariani, perencana keuangan independen dari Zelts Consulting seperti yang dikutip dari Solopos, ada empat tips cara mengatur keuangan agar bisa ngirit selama bulan puasa Ramadhan ini.

1. Rencanakan Jauh-jauh Hari
Sangat perlu untuk merencanakan pengeluaran keuangan selama bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri. Biasanya, pengeluaran di bulan puasa akan menjadi berlebih dibandingkan dengan pengeluaran saat bulan lainnya. Kenaikan harga bahan pangan seperti sekarang ini juga seharusnya sudah bisa diantisipasi jauh-jauh hari. Solusi paling mudah adalah dengan membuat daftar menu makanan harian saat bulan puasa. Ini sangat penting dilakukan khususnya untuk Anda yang lapar mata.

loading...

2. Kebiasaan Berbuka di Luar
Beberapa kebiasaan baru sering muncul saat bulan Ramadhan. Kebiasaan yang paling sering terjadi adalah berbuka puasa bersama kolega dan keluarga di luar rumah. Tidak tertutup kemungkinan kantong jebol jika semua rencana buka puasa di luar rumah dituruti. Hitung saja biaya yang harus dikeluarkan setiap kali berbuka puasa di restoran. Di Jakarta, seseorang menghabiskan minimal Rp 50 ribu untuk berbuka puasa di kedai makan atau restoran.

3. Pisahkan Antara Gaji Bulanan & THR
Pisahkan pengeluaran yang diambil dari gaji bulanan dan pengeluaran yang diambil dari THR. Misalnya, pengeluaran makan sehari-hari selama puasa diambil dari pos gaji bulanan. Sementara untuk belanja pangan Idul Fitri, pembayaran zakat atau THR asisten rumah tangga berasal dari pos THR.

4. Sisihkan THR Anda
Akan lebih baik jika Anda bisa menekan pengeluaran bahkan menyisihkan 10% sampai 30% dari THR yang Anda terima untuk investasi atau melunasi utang. Prioritaskan uang THR Anda untuk membayar zakat.

Loading...
4 Tips Cara Ngirit Pengeluaran Saat Bulan Puasa Ramadhan | inicarak | 4.5