Loading...

4 Tips Sukses Bekerja Sebagai Freelance atau Pekerja Lepas

Peluan untuk menjadi freelance atau pekerja lepas kini semakin banyak. Walaupun terkesan lebih bebas bila dibandingkan dengan kerja kantoran, namun Anda tetaplah harus memperhatikan beberapa hal berikut agar bisa tetap bersaing di bidang yang sedang Anda geluti.

1. Selalu perbarui portofolio
Setiap kali Anda menyelesaikan sebuah proyek, maka langsung masukkan ke dalam portofolio Anda. Buat format portofolio yang menarik dan mudah dibaca, sehingga jika Anda ingin mendapatkan klien baru, mereka bisa melihat hasil kerja Anda selama ini.

2. Ahli di bidangnya
Kerjakanlah sesuatu di mana Anda merasa yakin bahwa bidang tersebut benar-benar Anda kuasai. Selain itu, selalu berusaha untuk belajar dan teruslah menggali potensi baru agar Anda tidak kalah bersaing dengan sesama pekerja lepas lainnya.

loading...

3. Hargai tenggat waktu
Karena Anda bekerja sendiri, maka seringkali membuat Anda jadi memiliki tenggat waktu yang longgar dan bisa disesuaikan. Namun usahakan untuk tetap selalu bekerja tepat waktu, apalagi bila ternyata pekerjaan Anda ditunggu oleh klien.

4. Jaga kontak dengan sesama freelancer
Menjaga jaringan dengan sesama pekerja freelance sangat diperlukan. Dengan ini, bisa jadi ketika pekerja freelance lain sudah tidak sanggup atau membutuhkan tenaga tambahan lain, Anda bisa mendapatkan ‘cipratan’ job atau pekerjaan yang sedang mereka kerjakan.

Karena itu, selalu jaga kontak dengan sesama freelancer. Janganlah Anda selalu menganggap kalau mereka adalah sebagai pesaing, karena bisa saja mereka justru memberikan Anda peluang kerja atau proyek baru.

Loading...
4 Tips Sukses Bekerja Sebagai Freelance atau Pekerja Lepas | inicarak | 4.5