Loading...

5 Bahan Alami untuk Mengatasi Masalah Wajah Berminyak

Sejumlah masalah sering muncul pada jenis kulit wajah berminyak, mulai dari pori-pori tersumbat, jerawat, hingga komedo. Sebenarnya, kulit di wajah memiliki fungsi dimana ia bekerja untuk melindungi kulit dari sinar matahari dan membuat kulit agar tetap lembab. Akan tetapi bila minyak yang diproduksi pada daerah wajah cukup berlebihan, hal ini tentu saja akan menyebabkan hancurnya kepercayaan diri seseorang.

Bila dibandingkan dengan daerah lainnya, maka hidung merupakan daerah dengan tingkat produksi minyak yang lebih banyak. Sementara itu, penyebab hidung menghasilkan minyak berlebih adalah bisa terjadi karena genetika, seringnya menyentuh area hidung, adanya perubahan hormon, masa pubertas, atau faktor kehamilan. Adapun produksi minyak berlebih di daerah hidung juga bisa disebabkan karena kondisi stres.

4 Bahan Alami untuk Mengurangi Produksi Minyak Berlebih pada Kulit Wajah

Meski fungsi dari produksi minyak di wajah adalah untuk menjaga agar kulit wajah tetap dalam kondisi lembab, namun tentu saja bila produksi minyak yang dilakukan berlebihan, maka akan mengganggu seseorang dalam berpenampilan. Misalnya saja menyebabkan riasan di wajah yang cepat luntur.

Untuk mengatasi produksi minyak berlebih di daerah wajah, maka ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit wajah berminyak. Berikut diantaranya sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky:

1. Kulit apel
Merupakan sumber vitamin C, A dan serat, manfaat kulit apel diantaranya bisa membantu dalam mencerahkan kulit, memperlambat produksi minyak, serta meningkatkan elastisitas kulit. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, pertama kita haluskan dulu kulit apel untuk kemudian campurkan satu sendok teh air perasan jeruk lemon. Langkah selanjutnya setelah pencampuran selesai, oleskan ramuan ini pada hidung dan tunggu sampai mengering. Setelah itu gosokperlahan lalu bilas dengan air bersih.

2. Kulit jeruk
Untuk mengangkat sel-sel kulit mati dari dalam dan mengurangi minyak berlebih pada hidung, kita bisa menggunakan manfaat dari kandungan asam yang ada dalam jeruk. Caranya adalah dengan menjemur kulit jeruk di bawah sinar matahari sampai mengering lalu haluskan hingga menjadi bubuk. Selanjutnya kita campurkan bubuk dengan satu sendok teh air mawar lalu oleskan pada hidung. Tunggu sampai mengering dan lalu oleskan pada bagian hidung.

3. Putih telur
Putih telur cukup dikenal dan biasa digunakan sebagai masker wajah. Adanya kandungan dalam putih telur, yaitu kolagen dan protein, berguna membantu dalam mengencangkan pori-pori dan mengurangi minyak berlebih di wajah. Untuk itu, kita cukup mengoleskan putih telur pada hidung setiap hari selama seminggu. Kemudian setelah merasa kulit mulai meregang, bilas dengan air bersih.

4. Garam laut
Garam laut dikenal sebagai salah satu bahan pengering alami dimana ia dapat berguna membantu untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Untuk itu, cukup dengan menambahkan 1 sendok makan garam laut ke dalam secangkir air hangat, lalu semprotkan pada wajah saat hidung mulai berminyak.

5. Teh hijau
Kandungan antioksidan dalam teh hijau membuatnya cukup bermanfaat bagi kulit berminyak. Jangan buru-buru membuat ampasnya setelah menyeduh atau menikmati teh. Namun ambila dan oleskan ke daerah hidung dan sekitarnya untuk membantu mengatasi masalah produksi minyak berlebih di daerah wajah. Manfaat dari ampas teh hijau akan menyerap minyak di hidung secara alami dan menjaga agar daerah hidung tetap halus serta terbebas dari minyak sepanjang hari.

Itulah beberapa contoh bahan alami untuk mengatasi produksi minyak berlebih di daerah wajah yang bisa coba untuk dilakukan. Selain dengan kelima bahan tersebut, untuk mengurangi produksi minyak berlebih juga harus dilakukan dengan rajin membersihkan wajah dan juga agar terhindar dari jerawat atau komedo.

loading...
Loading...
5 Bahan Alami untuk Mengatasi Masalah Wajah Berminyak | inicarak | 4.5