Loading...

5 Bahaya Sering Mengupil

Tanpa kita sadari, mengupil atau yang biasa disebut dengan ngupil ternyata sudah menjadi kebiasaan yang mengasikkan yang kita lakukan setiap hari. Namun hati-hati, karena terlalu sering mengupil bisa mengakibatkan efek buruk terhadap kesehatan tubuh kita.

Setidaknya ada lima bahaya terlalu sering mengupil, berikut ini informasinya:

1. Mudah terkena flu
Virus flu bisa melewati selaput lendir yang salah satunya terdapat di dalam hidung. Anda tentu tidak akan mencuci tangan saat akan mengupil bukan? Padahal, memasukkan jari-jari yang terkontaminasi virus flu ke dalam hidung bisa menyebabkan seseorang terkena flu yang disebabkan oleh diri sendiri. Dalam beberapa hari ke depan, seseorang bisa saja mengalami flu, tenggorokan gatal dan serangan bersin-bersin.

loading...

2. Mimisan
Terlalu sering mengupil atau mengupil dengan keras bisa menyebabkan kerusakan pada lapisan di hidung yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari bakteri dan benda-benda asing di udara, sehingga memicu terjadinya mimisan.

3. Infeksi
Selain infeksi virus flu, terlalu sering mengupil juga bisa menyebabkan kuman dan bakteri lebih mudah masuk ke hidung dan menyebar ke bagian tubuh lain. Apalagi jika ANda terllau semangat mengupil, sampai-sampai terjadi luka dan berdarah.

4. Merontokkan rambut hidung
Kebiasaan mengupil ternyata juga bisa menyebabkan rambut hidung rontok. Padahal rambut hidung berfungsi untuk menyaring debu dan polutan di udara. Tanpa rambut hidung , maka berbagaijenis penyakit dan infeksi mudah masuk ke dalam tubuh.

5. Meninggal
Akibat fatal dari kebiasaan mengupil adalah meninggal dunia. Pasalnya, di dalam hidung ada tulang yang disebut tulang ethmoid, tulang ini memisahkan hidung dari otak. Jika saat mengupil seseorang menusuk tulang ini, maka cairan di otak bisa bocor yang menyebabkan meningitis.

Loading...
5 Bahaya Sering Mengupil | inicarak | 4.5