Loading...

5 Cara Meminimalisir Bekas Luka Setelah Operasi Caesar

Operasi caesar kini banyak dipilih oleh ibu yang ingin melahirkan. Salah satu alasannya karena ibu tidak perlu merasakan sakit luar biasa karena persalinan normal. Selain itu, operasi caesar juga banyak dipilih karena ingin menjaga agar vagina tetap kesat rapet.

Padahal, perlu diketahui untuk diketahui bahwa operasi caesar biasanya akan meninggalkan bekas luka yang cukup besar yang ini tentu saja akan mengganggu penampilan wanita. Walau bekas operasi berada di bagian tubuh yang lebih sering tertutup, namun tetap saja bekas operasi caesar ini membuat banyak wanita menjadi risih.

Seperti yang dikutip dari laman fitbottomedmamas, apabila anda termasuk yang baru saja selesai melakukan operasi caesar, ada beberapa beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk meminimalkan jaringan parut sehingga tubuh anda nanti bisa kembali seperti sebelum operasi.

loading...

1. Batasi gerakan
Memang sulit bagi ibu yang baru melahirkan untuk bisa tetap diam dengan bayi ada di rumah. Namun, operasi caesar merupakan operasi besar dan anda membutuhkan banyak waktu untuk menyembuhkannya. Karena itu, cobalah untuk tidak membungkuk, mengangkat beban atau memutar tubuh, serta beberapa kegiatan lainnya yang bisa merusak sayatan bekas operasi.

2. Melembabkan dan memijat
Pastikan bekas luka operasi sepenuhnya sudah sembuh. Untuk meminimalisir bekas operasi, anda bisa mulai dengan menggunakan salep. Salep antibiotik dan perawatan bekas luka silikon mungkin tepat. Cobalah tanyakan pada dokter tentang obat apa yang menjadi rekomendasi.

Pastikan bekas luka operasi tidak terkena matahari sebanyak mungkin. Bila diperlukan, gunakanlah atau lindungi dengan tabir surya.

3. Usahakan tetap bersih
Ikutilah petunjuk yang diberikan oleh dokter tentang cara membersihkan luka sayatan. Tapi, aturan umumnya bersih akan semakin baik. Usap dengan lembut ketika menangani bekas luka operasi. Mengusap keras-keras bisa memperlambat proses penyembuhan dan menghasilkan banyak jaringan parut.

4. Berikan waktu
Setiap orang memiliki tingkat penyembuhan yang berbeda-beda dan kesembuhan bekas luka beberapa orang lebih baik dibanding yang lain. Karena itu, tunggulah setidaknya satu tahun sebelum anda melihat penampilan akhir bekas luka caesar anda.

Tidak sedikit wanita yang membutuhkan waktu dua tahun untuk benar-benar sembuh dari operasi caesar. Apabila anda tidak puas dengan penampilan saat ini, maka anda bisa memilih opsi meminimalkan bekas luka seperti perawatan laser atau operasi fat grafting.

5. Diskusikan dengan dokter bedah
Apabila anda harus melahirkan dengan cara operasi caesar, maka cobalah untuk berbicara dengan dokter yang bisa membantu anda merawat diri apabila harus operasi. Karena kebanyakan ahli kandungan yang melakukan operasi caesar tahu bagaimana caranya minimalkan jaringan parut setelah oeprasi caesar.

Loading...
5 Cara Meminimalisir Bekas Luka Setelah Operasi Caesar | inicarak | 4.5