Loading...

5 Cara Mencegah Alergi Terhadap Makanan Tertentu

Makan adalah cara yang kita lakukan untuk meberikan nutrisi pada tubuh. Ketika kebutuhan akan nutrisi tercukupi, maka tubuh kita pun akan selalu terjaga kesehatannya. Namun sayang, ada beberapa orang mengalami reaksi yang merugikan atau alergi setelah mengonsumsi makanan tertentu. Hal ini terkadang bisa menjadi reaksi berulang ketika seseorang mencerna suatu makanan. Bila ini terus terjadi, tentu akan sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Gejala-gejala dari alergi setelah mengonsumsi makanan tertentu biasanya adalah diare, muntah, gangguan pada kulit, atau gangguan pernapasan. Namun jangan khawatir, karena laman Naturalnews memberikan tips bagaimana cara untuk mengendalikan alergi terhadap makanan tertentu. Berikut di antaranya:

1. Konsultasikan kepada dokter
Langkah ini sangat penting dalam hal mengidentifikasi makanan yang menyebabkan alergi. Dokter akan merekomendasikan diet alternatif yang membantu memberikan nutrisi tepat untuk tubuh Anda. Dengan begitu, tentunya Anda bisa menghindari makanan-makanan yang bisa membuat alergi.

loading...

2. Obat darurat
Sepertinya tidak ada obat untuk mencegah alergi terhadap makanan. Cara terbaiknya adalah menghindari semua makanan yang menyebabkan alergi itu datang. Namun, jika alergi datang, Anda harus memiliki obat-obatan yang dapat mengontrol gejala tersebut. Selain itu, jika Anda sudah mempunyai obat yang diresepkan dokter, maka sebaiknya selalu dibawa ketika berpergian.

3. Periksa label makanan
Anda harus berhati-hati dalam memeriksa label makanan sebelum mengonsumsinya. Hal ini karena terkadang makanan olahan atau yang diawetkan memiliki bahan tertentu yang dapat menyebabkan alergi.

4. Meningkatkan asupan serat
Jika Anda mempunyai alergi terhadap makanan tertentu, maka asupan serat harus ditingkatkan. Pilihlah kandungan serta yang larut di dalam air, karena lebih baik dibandingkan serat yang tidak larut dalam air.

5. Gunakan pelembap
Orang-orang yang mempunyai alergi terhadap makanan dan berdampak pada kulit harus menghindari panas. Oleh karena itu, mereka dapat menggunakan pelembap alami seperti minyak kelapa agar kulit tetap lembap.

Loading...
5 Cara Mencegah Alergi Terhadap Makanan Tertentu | inicarak | 4.5