Loading...

5 Cara Mencegah Kerutan di Wajah

Setiap wanita pastilah ingin selalu bisa tampil cantik dan menarik. Sayangnya, seiring bertambahnya usia, keriput mulai muncul dimana-mana, khususnya daerah wajah.

Umumnya, kerutan wajah akan terjadi akibat beberapa faktor alami tubuh seperti usia, warna kulit, ekspresi wajah serta kurangnya paparan air terhadap kulit. Namun demikian, faktor-faktor eksternal juga berpengaruh penting atas terciptanya kerutan. Beberapa faktor eksternal penyebab munculnya kerutan di wajah misalnya merokok dan terlalu sering terkena paparan sinar matahari pada kulit.

Meski kerutan di wajah sudah dipastikan akan tetap muncul seiring bertambahnya usia, namun bukan berarti Anda tidak bisa mencegahnya (baca: menghambat). Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kerutan di wajah, beberapa diantaranya adalah:

loading...

1. Nutrisi sehat dan gizi seimbang
Tidak hanya perut yang butuh makanan dengan nutrisi dan gizi yang seimbang. Protein, vitamin, mineral esensial serta antioksidan adalah beberapa kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak akibat polusi dan usia. Minum cukup air juga sangat penting untuk melembabkan kulit, karena kulit yang lembap akan lebih mudah memperbaiki diri dibandingkan kulit yang kering. Selain dengan minum air putih 8-10 gelas setiap hari, juga perbanyaklah makan buah-buahan.

2. Olahraga
Rajin melakuka olahraga secara teratur bisa membantu kulit dalam melakukan regenerasi lebih cepat. Olahraga melatih kerja jantung dan membantu peredaran darah ke seluruh tubuh, sehingga oksigenasi jaringan pun lebih maksimal. Jutaan sel tubuh akan membentuk jaringan yang baik jika didukung oleh kecukupan nutrisi dan oksigenasi yang optimal.

3. Gunakan tabir surya
Penggunaan tabir surya akan membantu Anda terhindar dari kerutan di wajah. Terlalu sering terkena paparan sinar matahari terbukti bisa merusak serat kolagen dan elastin kulit serta menumpuk kulit mati dan merubah pigmen kulit. Untuk mendapatkan perlindungan maksimal, gunakan tabir surya pada wajah dan tubuh serta lakukan pengulangan setiap empat jam sekali.

4. Istirahat yang cukup
Salah satu cara efektif untuk mencegah terjadinya kerutan wajah adalah dengan menggunakan waktu 7-8 jam sehari untuk tidur malam. Jika Anda kurang istirahat, maka kulit cenderung akan kasar, kusam dan tidak akan mengalami perbaikan, sehingga terjadilah kerutan.

5. Tindakan medis
Cara lain untuk mencegah kerutan di wajah adalah dengan menggunakan krim wajah yang berasal dari dokter spesialis kulit. Jika ingin maksimal, mintalah saran pada dokter perawatan apa saja yang baik untuk mencegah terjadinya kerutan dini pada wajah Anda. Sekedar untuk bocoran saja, Anda bisa melakukan peeling atau punch untuk mengganti jaringan kulit agar lebih sehat dan kencang.

Nah, bila Anda sudah menerapkan langkah-langkah dan tisp di atas, Anda pun akan terbebas dari kerutan penyebab wajah berkeriput.

Loading...
5 Cara Mencegah Kerutan di Wajah | inicarak | 4.5