Loading...

5 Cara Mencegah Penuaan Dini

Tidak sedikit kaum wanita yang memilih jalan pintas untuk menggapai impian memiliki wajah selalu terlihat awet muda. Berbagai cara dilakukan kaum wanita untuk mencegah penuaan dini, mulai dari operasi plastik hingga penyuntikan silikon demi untuk mengencangkan kulit wajah dalam waktu singkat.

Padahal, untuk memiliki wajah terlihat awet muda ada cara mudah yang bisa dilakukan. Beberapa cara untuk mencegah timbulnya kerutan dan keriput sebelum waktunya dapat dicoba sebagaimana yang dikutip dari laman theheathsite.com.

1. Perhatikan asupan makanan

Kenali jenis kulit wajah anda. Bagi anda yang mudah berjerawat, maka kurangi jenis makanan seperti susu, keju dan udang. Konsumsilah makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti gandum agar asupan nutrisi bagi kulit tercukupi. Jangan lupa, konsumsi juga minimal 3-4 porsi buah dalam sehari yang mengandung Vitamin A dan 80% air seperti pepaya dan anggur.

Perlu diketahui kandungan endungeoned pycnogenol pada biji anggur juga baik bagi elastisitas kulit wajah. Sementara itu zat resveratrol pada kulit buah anggur membantu proses peremajaan sel-sel kulit mati.

2. Rutin menggunakan masker

Perawatan yang satu ini cukup dilakukan seminggu 2 kali. Untuk kulit bibir yang pecah-pecah gunakan masker alami dari buah stroberi yang sudah dihancurkan bersama perasan jeruk nipis. Sementara untuk kulit wajah kenyal, anda bisa gunakan masker bengkuang parut dan air rendaman bunga mawar.

3. Gunakan tabir surya selalu

Efek pemakaian tabir surya akan anda rasakan hasilnya 15 tahun mendatang. Agar wajah terhindar dari timbulnya flek hitam dan rona wajah tidak merata, anda bisa aplikasikan tabir surya sebelum beraktivitas ke luar rumah. Hindarilah paparan sinar matahari langsung pada pukul 11.00-14.00 karena paparan radiasi yang ada dapat merusak lapisan kolagen dan membuat kulit jadi kasar.

4. Hindari rokok

Semua jenis senyawa yang terkandung di dalam rokok tidak ada gunanya dan dapat mengancam kesehatan kulit wajah. Selain menyebabkan penipisan kulit, aliran darah yang tidak lancar akan mengakibatkan kulit kekurangan oksigen. Asap rokok juga dapat menyebabkan munculnya zat-zat toksik pada lapisan kulit. Perokok pasif maupun aktif akan menyebabkan kulit terlihat lebih tua dan kusam. Garis-garis halus pun akan terbentuk di sekitar bibir apabila kebiasan merokok tidak dihentikan.

5. Gunakan krim pelembap yang tepat

Bagi anda yang sudah berusia 25 tahun ke atas, maka anda bisa gunakan krim pelembap yang mengandung retinol untuk mencegah penuaan dini. Agar maksimal gunakan krim pelembap dengan kandungan UV protection di pagi hari. Sementara itu bagi anda yang memiliki jenis kulit berminyak, anda bisa pilih pelembap dengan kandungan water based. Namun apabila anda akan melakukan perjalanan ke negara beriklim dingin, pastikan bahwa pelembap yang anda gunakan memiliki kandungan alpha hydroxy acid untuk melindungi kulit dari dehidrasi dan kulit pecah-pecah.

Itulah beberapa cara mencegah penuaan dini pada kulit wajah yang dapat anda coba dan terapka. Dengan mengaplikasikan tips di atas maka anda akan memiliki kulit wajah yang sellau segar dan terlihat awet muda.

loading...
Loading...
5 Cara Mencegah Penuaan Dini | inicarak | 4.5