Loading...

5 Cara Mengatasi Infeksi Telinga pada Anak

Anak-anak rentan terkena infeksi telinga. Bahkan menurut hasil penelitian, bahwa sekira 70 persen dari semua anak pernah mengalami infeksi telinga setidaknya sekali pada usia tiga tahun. Infeksi telinga pada anak tidak boleh disepelekan begitu saja, karena pasti akan membuat anak menjadi rewel dan mudah marah.

Namun ibu tidak perlu panik jika buah hati anda mengalaminya. Yang terpenting adalah bahwa anda mengetahui bagaimana cara mengatasinya bila anak mengalami infeksi telinga. Berikut ini adalah tips cara mengatasi infeksi telinga pada anak, seperti yang dikutip dari laman Healthmeup.

1. Kompres dengan air hangat
Ambil handuk lembut dan rendam dalam air hangat untuk beberapa saat. Kompres handuk tersebut pada telinga anak yang mengalami infeksi untuk meredakan nyeri.

loading...

2. Perbanyak cairan
Pastikan bahwa anak untuk meminum banyak cairan. Hal ini akan membuat tuba eustachius cepat terbuka sehingga cairan mengalir ke daerah telinga. Selain itu, cara ini juga bisa meredakan rasa nyeri.

3. Obat tetes telinga
Untuk meringankan rasa sakit di telinga anak, penggunaan obat tetes telinga juga bisa menjadi cara yang efektif. Anda juga bisa memberikan beberapa tetes minyak zaitun ke telinga yang terinfeksi.

4. Konsultasikan ke dokter anak
Setelah anda mencoba beberapa cara untuk mengatasi infeksi telinga pada dan ternyata tidak membuahkan hasil, maka segeralah untuk membawa anak anda konsulitasi ke dokter anak.

5. Posisi tidur lebih tinggi
Saat anak anda mengalami infeksi telinga, gunakan tumpukan selimut agar posisi tidur lebih tinggi. Cara ini juga akan membantu meringankan infeksi pada telinga anak anda.

Loading...
5 Cara Mengatasi Infeksi Telinga pada Anak | inicarak | 4.5