Loading...

5 Cara Mengatasi Kulit Kering Saat Puasa

Dehidrasi tidak hanya berpengaruh terhadap kesegaran tubuh, namun juga mempengaruhi kelembaban kulit. Ketika tubuh kurang cairan maka kulit juga akan lebih rentang mengalami kekeringan hingga menyebabkan kulit mudah bersisik. Anda tentu tidak mau bukan?

Bulan puasa dengan cuaca yang panas membuat kita lebih rentan mengalami dehidrasi dan juga kulit kering, apalagi berpuasa berarti kita tidak akan bisa minum atau makan selama sekitar 14 jam. Karena itu perlu melakukan beberapa langkah pencegahan untuk menghindari kulit kering.

Cara Mencegah Kulit Kering dan Bersisik

Ada beberapa langkah pencegahan untuk menghindari kulit kering dan bersisik. Berikut beberapa diantaranya yang dapat dilakukan:

1. Hindari panas matahari

Suhu udara yang ekstrem menjadi salah satu penyebab utama kulit mengalami kering dan bersisik. Karena itu saat akan beraktivitas di luar ruangan dan untuk mencegah paparan sinar maahari, sebaiknya pakai pelindung kepala dan pakaian berlengan panjang.

2. Rajin wudhu

Wudhu wajib dilakukan sebelum mengerjakan sholat. Wudhu sendiri tidak hanya akan membilas kulit, namun juga akan membersihkan kotoran yang menempel di kulit. Dengan demikian akan menjaga kulit tetap bersih dan segar.

3. Hindari rokok dan kopi

Asap rokok dan juga zat yang ada di dalam minuman kopi akan mengikat cairan dalam tubuh hingga akhirnya akan menyebabkan kulit cepat kering. Karena itu bila ingikn kulit yang segar selama puasa sebaiknya hindari kopi dan juga rokok.

4. Perbanyak minum air putih

Konsumsi banyak air putih tetap dianjurkan selama berpuasa. Namun tentu caranya berbeda dengan hari-hari biasanya. Anda harus mengatur agar anda meminum setidaknya 8 gelas air putih dimalam hari.

5. Mandi dengan sabun moisturizer

Untuk menjaga kelembaban dan kesehatan kulit, maka anda bisa mandi dengan sabun yang mengandung moisturizer. Gunakan sabun dengan kandungan 1/4 moisturizer. Cara ini cukup untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan lembab selama bulan puasa.

Itulah beberapa cara menjaga kelembaban kulit agar terhindar dari kulit kering dan bersisik. Semoga bermanfaat.

loading...
About these ads
Loading...
5 Cara Mengatasi Kulit Kering Saat Puasa | inicarak | 4.5