Loading...

5 Cara Mengatasi Rasa Malas Serta Sering Menunda Pekerjaan

Sering menunda pekerjaan bila terus dibiarkan bisa berakibat fatal. Hal ini perlu segera diatas karena bila tidak dengan awalnya menunda 5 menit, maka selanjutnya menunda lagi setengah jam, menunda lagi dan lagi. Akhirnya rasa malas untuk menyelesaikan pekerjaan pun terjadi. Akibatnya tentu saja ini akan menjadi buruk bagi karir anda.

Gambar Orang yang Malas Menyelesaikan Pekerjaan

Kebiasaan Menunda Pekerjaan Menjadikannya Menumpuk dan Malas untuk Menyelesaikannya

Daniel Gustavson, yang merupakan seorang peneliti dari Universitas Colorado Boulder, dalam sebuah studinya mengungkap bahwa kecenderungan seseorang untuk menunda-nunda pada dasarnya adalah hasil dari cara yang berbeda dari setiap individu dalam memproses sebuah tindakan atau tujuan. Ada orang yang rajin. Namun ada juga yang senang menunda-nunda.

loading...

Lebih lanjut menurut Daniel, bahwa hampir setengah dari sifat tersebut dapat dikaitkan dengan DNA kita. Walaupun sifat buruk tersebut berasal dari genetik, bukan berarti ini tidak bisa dihilangkan.

Setidaknya ada lima cara untuk mengatasi rasa malas serta sering menunda-nunda pekerjaan. Berikut diantaranya:

1. Waktu makan siang
Salah satu fenomena yang banyak dialami oleh pekerja di dunia adalah penurunan produktivitas kerja yang terjadi setelah jam makan siang. Karena itu untuk menghindarkan para pekerja dari rasa malas atau mengantuk, sebaiknya hindari konsumsi makanan yang terlalu berat hingga menyebabkan kekenyangan saat makan siang.

Kemudian setelah makan siang sebaiknya juga ditambah dengan aktivitas fisik ringan seperti jalan kaki atau lainnya. Untuk mendapatkan udara segar dan suasana berbeda dari lingkungan kerja, anda juga bisa mencari tempat makan siang di luar kantor. Selain itu, anda juga harus mengetahui kapan anda benar-benar membutuhkan waktu istirahat dan mengisi waktu ‘malas’ tersebut dengan tugas yang mudah.
Baca: cara menghilangkan rasa malas dan bosan

2. Pekerjaan yang sulit dikerjaan dulu
Setiap manusia memiliki waktu-waktu dengan kekuatan maksimal yang biasanya datang pada pagi hari ketika perhatian seseorang masih terjaga penuh. Pada saat itu, sebaiknya anda manfaatkan dengan mengerjakan tugas yang sulit terlebih dulu. Dengan menyelesaikan (pekerjaan tersulit) di awal hari, maka anda akan merasa berenergi dan produktif untuk mengerjakan pekerjaan yang tersisa.

3. Membagi tugas menjadi lebih kecil
Pada saat mendapat sebuah tugas yang besar, terkadang anda tidak tahu harus memulai pekerjaan dari mana. Nah, dengan membagi tugas besar menjadi tugas-tugas kecil, maka selain memotivasi anda untuk mengerjakan pekerjaan yang diberikan, ini juga akan memberi anda semangat tambahan.

Karena saat sudah menyelesaikan sebuah pekerjaan yang telah dibagi sebelumnya, ini akan memberi anda semangat dan penghargaan bahwa secara perlahan anda sudah menyelesaikan tugas. Inilah yang disebut dengan ‘arus penghargaan’ yang membuat anda termotivasi untuk mengerjakan tugas selanjutnya.

4. Buat Pengingat Waktu Bekerja
Membuat pengingat waktu atau timer penting untuk menyelesaikan tugas yang anda milikiMisalnya saja dengan menetapkan pengingat waktu selama satu jam sekali dan periksa daftar pekerjaan yang seharusnya diselesaikan selama satu jam tersebut. Ini akan merangsang produktivitas anda.

5. Buatlah jadwal rencana untuk menyelesaikan tugas
Perencanaan tugas dengan tenggat waktu bids membantu pekerja untuk mencapai tugasnya tepat waktu. Tulislah semua hal yang sedang atau ingin anda kerjakan, kemudian tuliskan juga bagaimana dan kapan anda akan menyelesaikannya. Selama anda mau secara konsisten mengambil langkah kecil menuju tujuan anda, maka hal itu akan segera menjadi kenyataan.
Baca: cara menghilangkan bosan dan jenuh di kantor

Demikian tentang bagaimana caranya untuk bisa mengatasi rasa malas dan juga suka menunda-nuda pekerjaan. Semoga bermanfaat.

Loading...
5 Cara Mengatasi Rasa Malas Serta Sering Menunda Pekerjaan | admin | 4.5