Loading...

5 Cara Mengatasi Stres Saat di Tempat Bekerja

Beban pekerjaan yang terlalu berat dan atau mungkin juga karena deadline yang menumpuk bisa membuat Anda rentan mengalami stres di tempat kerja. Jika hal itu terus dibiarkan, maka stres yang berlangsung terus-menerus Anda alami akan berpengaruh terhadap kinerja Anda di tempat kerja. Anda pun akan semakin kesulitan untuk mengatur pekerjaan Anda.

Stres yang terus berkelanjutan ternyata juga memberikan dampak yang buruk terhadap kondisi kesehatan tubuh dimana tubuh bisa terserang berbagai penyakit berbahaya akibat dari stres. Beberapa contoh penyakit berbahaya akibat stres yang berkepanjangan misalnya adalah penyakit jantung, diabetes dan mungkin saja anda juga bisa terserang penyakit alzheimer.

Semangat kerja juga perlu ditingkatkan untuk menghindari stres di tempat kerja. Untuk cara membangkitkan semangat di tempat kerja bisa dilakukan dengan beberapa cara semisal merencanakan akhir pekan, meluangkan waktu untuk melakukan hal yang menyenangkan dan mungkin juga bisa dilakukan dengan cara mengatur ulang dekorasi meja kerja.

5 Cara Mengatasi Stres Saat di Tempat Bekerja

Untuk membuat sedikit lebih rileks ketika stres yang Anda rasakan tak lagi tertahankan, berikut yang mungkin bisa coba Anda lakukan.

1. Tulislah!
Dengan menulis, ini akan bisa membantu Anda tetap teratur dan meminimalisir kekhawatiran melupakan sesuatu. Menuliskan daftar pekerjaan Anda juga bisa berefek pada sugesti diri sendiri bahwa dengan melihatnya Anda akan merasa lebih bisa menyelesaikannya satu per satu.

2. Bersihkan!
Bekerja di meja dan lingkungan yang berantakan hanya akan membuat Anda semakin panik dan tertekan. Selain itu, area kerja yang bersih juga akan memudahkan Anda dalam menemukan segala sesuatu yang Anda butuhkan. Jadi tidak ada waktu yang terbuang percuma karena Anda harus mencari berkas penting yang hilang terselip.

3. Regangkan!
Melakukan peragangan bisa membantu membuat Anda menjadi lebih rileks. Cobalah untuk menggerakan tubuh dan atur napas. Anda juga bisa mengambil waktu untuk berbicara dengan orang yang Anda sayang. Membaca buku, menonton video, atau belanja online sejenak juga bisa membantu mengurangi stres di tempat kerja. Intinya adalah mengendurkan urat dan syaraf Anda yang tegang.

4. Segarkan!
Jika memang kondisi memungkinkan, cobalah untuk ke luar dari kantor dan hirup udara segar di taman terdekat. Berjalan tanpa alas kaki di rumput juga bisa membuat Anda lebih rileks. Kalaupun memang tidak ada taman di dekat kantor, Anda bisa duduk di lobi sambil menyaksikan orang-orang yang berlalu-lalang, ini juga efektif mengalihkan pikiran Anda sejenak dari pekerjaan.

5. Dengarkan!
Musik bisa memberikan pengaruh langsung pada emosi seseorang. Cobalah untuk mendengarkan musik lembut, seperti jazz atau musik klasik, untuk membantu meredakan ketegangan Anda. Atau jika Anda tidak atau kurang menyukai aliran musik tersebut, dengarkan saja musik favorit Anda, asal jangan yang beraliran rock atau musik keras.

Selain dengan beberapa cara mengatasi stres di tempat kerja seperti yang diatas, cara mengatasi stres juga bisa dilakukan dengan memperbanyak konsumsi makanan untuk mencegah stres. Beberapa contoh makanan yang bisa membantu mengatasi stres diantaranya buah alpukat, kacang almond dan kenari, jeruk, bayam, ubi jalar, ikan salmon, kalkun dan sayuran hijau.

loading...
About these ads
Loading...
5 Cara Mengatasi Stres Saat di Tempat Bekerja | inicarak | 4.5