Loading...

5 Cara Mengendalikan Emosi

Sebagaimana yang sudah pernah kami bahas sebelumnya, bahwa emosi bisa memberikan dampak buruk (selengkapnya baca 5 hal yang tidak boleh dilakukan bila sedang emosi).

Marah adalah suatu bentuk luapan emosi seseorang yang biasa terjadi. Namun ingat, bahwa kemarahan yang tidak terkontrol justru bisa memberikan efek yang cukup fatal bagi hubungan, pekerjaan dan bahkan juga komunikasi interpersonal anda dengan orang lain.

Bila suatu ketika anda sedang emosi dan rasanya ingin marah-marah, maka ada beberapa tips yang bisa anda coba terapkan untuk menjaga emosi agar tetap terkendali sebagaimana. Berikut beberapa di antaranya:

loading...

1. Tetap tenang
Hal pertama yang harus anda lakukan pada saat merasa ingin marah adalah berusaha untuk tetap tenang. Jangan hanya bertindak sesuai keinginan yang sedang dipengaruhi oleh emosi.

Saat dalam kondisi marah jangan pernah mengambil keputusan penting, karena saat marah seseorang akan cenderung tidak bisa berpikir secara jernih. Untuk menenangkan diri, cobalah tarik nafas panjang-panjang.

2. Berpikirlah Sebelum Berbicara
Saat anda sedang marah, sebelum berbicara, pikirkanlah kembali apa yang akan anda ucapkan. Tujuan dari hal ini adalah untuk mengurangi kemungkinan terburuk anda mengatakan sesuatu yang mungkin akan menyakiti perasaan orang lain.

3. Mencari Solusi
Berada pada sebuah masalah yang tidak juga kunjung dapat terselesaikan seringkali menjadi salah satu hal penyebab kemarahan. Karena itu, cara terbaik yang harus anda lakukan adalah mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang membelit anda dan mencari cara untuk mengatasi penyebab kemarahan daripada berjuang dan menyalahkan keadaan yang hanya berakhir tanpa hasil.

4. Jangan Menyimpan Dendam
Menyimpan dendam pada seseorang hanya akan mengingatkan anda tentang bagaimana anda dirugikan oleh orang tertentu yang hanya akan membuat hidup anda menjadi lebih buruk. Sebaliknya, memaafkan dan melupakan kesalahan orang lain akan membuat hidup anda menjadi terasa lebih tenang dan damai dalam menjalani kehidupan.

5. Meringankan Situasi
Humor bisa menjadi salah satu cara mengatasi keadaan situasi sulit. Tidak peduli apapun permasalahannya, cobalah untuk melihat sisi yang lucu dari masalah tersebut. Hal itu akan membantu meringankan beban anda dan juga menghindari stres yang sebenarnya tidak perlu terjadi.

Itulah beberapa informasi dan tips cara mengendalikan emosi dan amarah, sebagaimana yang dikutip dari laman Magforwomen.

Loading...
5 Cara Mengendalikan Emosi | inicarak | 4.5