Loading...

5 Cara Mudah Diet Seimbang untuk Menurunkan Hipertensi

Hipertensi adalah suatu keadaan di mana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah tinggi di atas normal. Salah satu cara menurunkan hipertensi yang direkomendasikan adalah dengan mengurangi konsumsi garam. Namun itu saja ternyata tidak cukup. Karena seseorang dengan tekanan darah tinggi membutuhkan lebih banyak nutrisi dan kalium, kalsium, magnesium, serat dan lemak omega 3.

Dengan demikian, mengontrol makan dan perubahan gaya hidup sangat penting dalam pengobatan yang efektif untuk penderita tekanan darah tinggi.

Seperti yang dikutip dari laman Times of India, berikut ini adalah lima cara mudah melakukan diet sehat seimbang yang bisa menurunkan tensi darah yang tinggi:

loading...

1. Kalium
Mengonsumsi makanan yang kaya kalium bisa membantu menurunkan serta mengontrol tekanan darah. Coba masukkan sumber potasium yang baik ke dalam daftar diet Anda, termasuk buah-buahan dan sayuran seperti jeruk, bayam, kentang, tomat, pisang dan buah-buahan kering.

2. Kalsium
Kalsium diperlukan untuk kontraksi dan relaksasi otot-otot jantung, sehingga kalsium sangat penting untuk memerangi hipertensi. Anda bisa mendapatkan asupan kalsium dengan mengonsumsi susu rendah lemak, yoghurt, sayuran berdaun hijau, almond, biji wijen dan tahu.

3. Magnesium
Kekurangan magnesium menyebabkan rendahnya tingkat kalsium dan potasium dalam darah. Konsumsi seluruh biji-bijian, kacang-kacangan, bayam, roti gandum, kacang-kacangan dan tahu yang diketahui sumber baik dari magnesium.

4. Omega-3
Sumber yang baik dari omega 3 ini termasuk minyak ikan, minyak mustard, kenari, gandum, biji rami, biji chia, biji methi, dan kedelai.

5. Serat
Makanan yang banyak serat seperti seluruh sereal dan kacang-kacangan, kacang polong, kedelai, buah-buahan dan sayuran, gandum, dan sebagainya.

Loading...
5 Cara Mudah Diet Seimbang untuk Menurunkan Hipertensi | inicarak | 4.5