Loading...

5 Cara Mudah Mencegah Alergi di Rumah

Alergi adalah salah satu penyakit yang tidak boleh disepelekan. Kondisi ruangan rumah yang tidak bersih seperti berdebu bisa jadi penyebab kambuhnya alergi. Akibat yang bisa timbul akibat alergi misalnya dapat menyebabkan bisul, masalah pernapasan seperti bersin, batuk, dan asma.

Karena itu, sangat penting untuk mencegah alergi agar Anda tidak mengalami kondisi tersebut. Seperti yang dikutip dari laman Boldsky, berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah alergi di rumah.

1. Bebaskan rumah dari asap rokok
Asap rokok merupakan salah satu sumber umum yang jadi penyebab alergi. Perlu anda ketahui bahwa selain memang buruk bagi kesehatan, bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam asap rokok bisa meningkatkan penyebab alergi di dalam rumah. Oleh karena itulah, maka untuk mencegah alergi Anda perlu membebaskan rumah dari asap rokok.

loading...

2. Bersihkan rumah dari debu
Debu merupakan salah satu sumber penyebab kambuhnya alergi yang sering dialami oleh banyak orang. Debu yang ada di dalam ruangan bisa menyebabkan masalah pernapasan, seperti bersin, batuk, dan bahkan juga asma. Karena itu, bersihkan rumah secara teratur untuk mencegah alergi karena debu. Selain itu, anda juga perlu untuk membersihkan juga aksesoris yang ada di rumah, seperti bantal, selimut, dan bed cover secara teratur.

3. Jauhkan ngengat dan nyamuk
Anda mungkin tidak menyadari akan penyebab alergi yang ini. Namun anda harus tahu bahwa ngengat, nyamuk dan lalat bisa menjadi penyebab alergi, karena mereka membawa banyak kuman dan penyakit. Untuk mencegah bahwa ngengat, nyamuk dan lalat masuk ruangan rumah Anda, gunakanlah perangkap ngengat atau nyamuk di pintu dan jendela. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan semprotan serangga untuk membunuh nyamuk, lalat dan ngengat.

4. Lakukan perawatan terhadap hewan peliharaan
Hewan peliharaan seperti kucing dan anjing juga bisa menyebabkan alergi. Karena pada beberapa orang, rambut dan bulu-bulu hewan peliharaan bisa menyebabkan alerg. Untuk mencegah hal tersebut, selalu bersihkan bulu-bulu dan rambut hewan peliharaan Anda, dan mencukurnya setiap beberapa hari.

5. Hindari pengharum ruangan berlebihan
Ada juga orang yang alergi karena bau yang menyengat dar pengharum ruangan. Karena itu, jika Anda termasuk orang yang alergi terhadap pengharum ruangan, maka hindarilah penggunaan pengharum ruangan yang menyengat karena dapat menyebabkan flu, mual dan sakit kepala.

Loading...
5 Cara Mudah Mencegah Alergi di Rumah | inicarak | 4.5