Loading...

5 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Kadar Testosteron Pria

Kesehatan seksual merupakan salah satu dari masalah yang paling banyak dikhawatirkan oleh kaum pria. Masalah kesehatan seksual pada pria sendiri sering kali ditandai dengan kurangnya kadar testosteron. Testosteron sendiri adalah hormon seks pria yang punya peran penting dalam fungsi seksual, produksi sperma, pembentukan otot, dan intonasi suara pada pria.

Ketika kadar testosteron pria menurun, biasanya akan menyebabkan pria mengalami kelelahan kronis, depresi, gangguan ereksi, dan postur tubuh yang kurang tegap atau berkurangnya kemampuan atletik. Kadar testosteron yang rendah sering disebabkan oleh beberapa hal, namun biasanya berkaitan dengan gaya hidup pria itu sendiri.

Seperti yang dikutip dari laman Newsmaxhealth, berikut ini adalah beberapa cara sederhana untuk meningkatkan kadar testosteron pria :

loading...

1. Menurunkan Berat Badan
Salah satu penyebab menurunnya kadar testosteron pria adalah karena lemak tubuh yang berlebihan, khususnya pada bagian perut. Menurut hasil sebuah studi di University Buffalo, diketahui bahwa 40 persen pria obesitas memiliki kadar testosteron yang rendah. Oleh karena itu, untuk menjaga kualitas kadar testosteron, maka sebaiknya pria obesitas menurunkan berat badannya.

2. Mengurangi Stres
Ketika pria sedang mengalami stres, maka tubuh akan melepaskan sejumlah besar hormon kortisol yang menghambat efek testosteron. Sementara, menurut studi dari University of Texas stres dapat mengurangi kadar testosteron karena mempengaruhi hormon tubuh yang memproduksinya. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres, diantaranya dengan bermeditasi atau melakukan yoga.

3. Tidur yang Cukup
Penelitian di Belanda menemukan bahwa pria dewasa dapat melipatgandakan kadar testosteron dengan memperoleh tidur malam yang baik. Para peneliti dalam penelitian tersebut mengatakan bahwa semakin lama tidur, maka semakin banyak testosteron di dalam darah.

4. Konsumsi Vitamin D
Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam the Archives of Internal Medicine mengatakan sekitar 75 persen orang Amerika kekurangan vitamin D. Namun, tidak hanya itu, para peneliti dalam penelitian tersebut juga menemukan bahwa pria dewasa yang kekurangan vitamin cenderung memiliki kadar testosteron rendah.

5. Lakukan Olahraga
Semua jenis olahraga dapat meningkatkan kadar testosteron. Studi di Baylor University menemukan bahwa tingkat testosteron tetap tinggi selama 48 jam setelah pria dewasa melakukan olahraga angkat beban. Namun demikian, lakukan olahraga sewajarnya saja, jangan lakukan olahraga dengan intensitas berlebihan. Hal ini karena menurut studi di University of North Carolina olahraga dengan intensitas berlebihan dapat menyebabkan penurunan kadar testosteron sebesar 40 persen.

Loading...

Hasil pencarian:

olahragasek
5 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Kadar Testosteron Pria | inicarak | 4.5