Loading...

5 Ciri-ciri Fisik Orang yang Terkena Kolesterol Tinggi dan Cara Menurunkannya

Mengetahui ciri-ciri kolesterol tinggi yang sudah menyerang tubuh sangat mudah untuk dilakukan. Karena penyakit ini biasanya akan memunculkan gejala yang mudah untuk dirasakan. Salah satu contohnya adalah kesemutan. Namun demikian untuk mengetahui secara pasti kolesterol dalam darah bisa dilakukan melalui tes darah.

Selain kesemutan, tanda-tanda fisik kolesterol tinggi adalah pundak sering merasa pegal. Jadi ketika anda merasakan pegal di pundak dengan intensitas yang sering tanpa diketahui apa penyebab sebenarnya, maka bisa jadi itu adalah ciri-ciri kolesterol tinggi sudah mulai menyerang tubuh.

Gejala Kolesterol Tinggi

loading...

Seseorang yang menderita kolesterol tinggi maka pada tubuhnya akan memunculkan gejala atau ciri-ciri yang bisa bisa dirasakan pada dirinya sendiri. Seperti yang dipaparkan oleh dr. Aulia Sani , dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit Sahid Sahirman, berikut ini adalah lima ciri-ciri, tanda-tanda atau gejala fisik seseorang yang mempunyai penyakit kolesterol tinggi.

1. Tengkuk dan pundak terasa pegal
Pegal di tengkuk dan pundak merupakan implikasi dari aliran darah yang tidak lancar pada pembuluh darah di daerah tersebut. Aliran darah yang tidak lancar juga disebabkan oleh adanya penyumbatan pembuluh dari kolesterol.

2. Sering kesemutan di tangan dan kaki
Hampir sama dengan pegal, kesemutan merupakan implikasi dari aliran darah yang tidak lancar di bagian tubuh tertentu. Kesemutan berhubungan dengan saraf yang tidak mendapat aliran darah.

3. Sering pusing di belakang kepala
Pusing di belakang kepala terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah di sekitar kepala. Penyumbatan ini terjadi lantaran kolesterol yang mulai membentuk plak di pembuluh darah. Jika terus dibiarkan, maka pembuluh darah akan pecah dan menyebabkan stroke.

4. Dada sebelah kiri seperti tertusuk
Dada sebelah kiri berhubungan dengan organ pemompa darah yaitu jantung. Penyumbatan di pembuluh darah sekitar jantung dapat mengakibatkan rasa nyeri seperti ditusuk. Bahkan rasa nyeri bisa menjalar hingga ke daerah di sekitar leher. Nyeri dada juga bisa menjadi tanda-tanda dari serangan jantung.

5. Sering pegal di tangan dan kaki
Pembuluh darah di tangan dan kaki juga bisa tersumbat akibat penumpukan kolesterol. Pegal di tangan dan kaki akibat penumpukan kolesterol biasanya terjadi terus menerus meskipun tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Bila anda sudah terlanjur menderita kolesterol tinggi, maka mau tidak mau harus mengonsumsi obat kolesterol. Tapi jangan khawatir, bila tidak mau, cara menurunkan atau setidaknya untuk mengurangi kolesterol masih bisa dilakukan secara alami. Hal ini tentu lebih baik untuk menghindari meningkatnya jumlah atau kadar kolesterol dalam tubuh.

Untuk itu yang terutama harus dilakukan adalah dengan menghindari makanan yang mengandung kolesterol, misalnya saja daging yang berlemak, kulit ayam dan bebek, santan dan juga makanan yang dimasak menggunakan minyak kelapa ataupun minyak sawit. Langkah ini sangat penting dilakukan untuk mencegah agar kolesterol tidak terus meningkat.

Kemudian, konsumsilah makanan dan buah untuk menurunkan kolesterol. Ada banyak makanan ataupun buah yang berguna untuk ini. Dari makanan misalnya, konsumsilah biji gandum, ikan, kacang-kacangan seperti kacang merah, walnut dan almon. Kedelai juga baik untuk dikonsumsi. Selain itu penderita juga bisa mengonsumsi makanan yang sudah ditambahkan dengan sterol dan stanol.

Untuk jenis buah, ada baiknya untuk mengonsumsi buah apel, anggur, stroberi, dan jeruk yang kaya akan kandungan pektin, sebagai serat larut yang menekan LDL. Terong juga mengandung serat larut tinggi. Anda juga bisa mengonsumsi buah avokad, karena kandungan lemak tidak jenuhnya di dalamnya cukup banyak.

Loading...

Hasil pencarian:

ciri ciri kolesterol tinggi, ciri ciri kolesterol, ciri kolesterol tinggi, ciri ciri kolestrol, ciri ciri kolestrol tinggi, ciri2 kolesterol tinggi, ciri2 kolesterol, ciri kolestrol tinggi, ciri2 kolestrol, ciri2 kolestrol tinggi, ciri kolesterol, ciri ciri penyakit kolesterol, ciri-ciri kolesterol tinggi, ciri ciri penyakit kolestrol, ciri ciri kolestrol naik
5 Ciri-ciri Fisik Orang yang Terkena Kolesterol Tinggi dan Cara Menurunkannya | inicarak | 4.5