Loading...

5 Dampak Buruk, Akibat dari Kebanyakan Mengonsumsi Garam

Garam merupakan salah satu bumbu masakan penting yang hampir selalu ada dalam setiap masakan. Tanpa adanya garam, maka masakan menjadi terasa hambar. Walaupun garam punya manfaat yang besar, namun perlu anda ketahui bahwa berlebihan dalam mengonsumsi garam dapat memberikan akibat buruk bagi kesehatan.

Menurut American Heart Association (AHA), orang yang sehat tanpa tekanan darah tinggi, diabetes atau penyakit kardiovaskular, sebaiknya tidak mengonsumsi garam lebih dari 3,75 gram per hari.

Adapun alasan kenapa kita harus membatasi konsumsi garam dalam diet harian adalah karena garam bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini informasi lengkapnya, sebagaimana yang dikutip dari laman Healthmeup.

loading...

1. Meningkatkan tekanan darah
Meningkatnya tekanan darah adalah salah satu resiko yang harus diterima bagi mereka mengonsumsi garam dalam jumlah berlebih. Bila hal ini sampai terjadi, maka anda pun akan memiliki risiko mengalami serangan jantung dan stroke.

Orang yang mengurangi sepertiga asupan natrium sama artinya dengan mengurangi 22 persen kemungkinan terkena stroke, dan 16 persen serangan jantung di Inggris, demikian menurut hasil sebuah studi.

2. Osteoporosis
Osteoporosis menyebabkan tulang menjadi rapuh dan lemah. Kalsium adalah mineral utama yang memberikan kontribusi besar untuk kesehatan tulang. Sementara itu bila anda masih juga mengonsumsi garam dengan asupan yang cukup tinggi, maka hal tersebut justru akan membuat kalsium tidak bekerja maksimal.

3. Kanker lambung
Sejumlah penelitian telah mengaitkan konsumsi garam berlebih dengan risiko terjadinya kanker lambung. Penelitian mengatakan bahwa orang yang selalu menambahkan garam pada makanannya, maka akan memiliki resiko terhadap hal tersebut sampai 78 persen.

4. Batu ginjal
Adanya penumpukan kalsium di ginjal adalah penyebab batu ginjal. Padahal, garam menyebabkan hilangnya kalsium dan mengeluarkannya melalui urine. Kemudian, hal ini bisa menyebakan terjadinya penumpukan kalsium dalam ginjal, sehingga membentuk batu ginjal.

5. Kegemukan
Walau asupan sodium yang tinggi tidak secara langsung menyebabkan kenaikan berat badan dan obesitas, namun garam akan membuat anda terus merasa haus, yang pada akhirnya akan meningkatkan asupan cairan dalam tubuh. Sayangnya, ketika anda didera rasa haus berkepanjangan, banyak yang lebih memilih minuman manis dan tinggi gula serta soda, ketimbang air putih. Padahal, minuman yang manis dan tinggi gula serta soda bisa menyebabkan resiko kegemukan.

Loading...
5 Dampak Buruk, Akibat dari Kebanyakan Mengonsumsi Garam | inicarak | 4.5