Loading...

5 Efek Negatif dari Gadget

Saat ini, gadget menjadi salah satu perangkat yang wajib dimiliki oleh masyarakat. Mulai dari komputer jinjing, tablet atau telepon pintar serta beberapa jenis gadget lainnya mulai mendominasi kehidupan masyarakat modern. Selain dapat memudahkan dalam pekerjaan, gadget juga dapat digunakan untuk sekedar bersosialisasi atau melepas jenuh dengan bermain game.

Akan tetapi, gadget sebenarnya juga memiliki beberapa dampak negatif bagi kesehatan, apalagi jika digunakan secara berlebihan. Ingin tahu apa saja efek buruknya? Simak ulasan berikut.

1. Perilaku agresif

Disadari atau tidak, gadget juga dapat menimbulkan beberapa perilaku agresif. Hal ini terjadi terutama bagi anak-anak yang gemar bermain game tertentu di gadget yang berbau kekerasan. Orang dewasa pun juga dapat terkena imbas dari dampak buruk ini meski secara tidak langsung.

2. Obesitas

Hal ini berhubungan dengan gaya hidup yang tidak sehat. Kurang gerak karena terlalu sering bermain gadget membuat orang mudah lapar dan menghabiskan kegiatannya seperti makan atau ngemil sambil bermain game atau bersosial media. Obesitas pun bisa disebabkan oleh kurangnya aktifitas seperti bermain gadget.

3. Insomnia

Mereka yang terlalu asyik menghabiskan waktu sampai larut malam hanya demi bermain gadget rentan mengalami gangguan tidur seperti insomnia. Kebiasaan buruk itu pun ikut mempengaruhi waktu tidur mereka di malam hari sehingga saat bangun tubuh masih terasa lelah.

4. Kesehatan mata

Gadget juga memiliki dampak buruk terhadap kesehatan indera penglihatan. Seseorang yang terlalu sering menghabiskan waktu dengan gadget akan membuat matanya menjadi kering, perih serta syarafnya tegang. Untuk meminimalisir risiko yang lebih parah, gunakan saja obat tetes mata atau kurangi tingkat kecerahan layar pada gadget.

5. Pendengaran terganggu

Biasanya hal ini dialami oleh pemakai gadget yang menggunakan headset untuk mendengarkan suara musik atau aplikasi dengan volume keras secara terus menerus. Jika dibiarkan, maka pendengaran akan terganggu dan membuat organ didalamnya rusak.

Itulah beberapa bahaya yang bisa muncul akibat dari penggunaan gadget dalam kehidupan sehari-hari. Penting bagi anda sebagai pengguna gadget untuk melakukan ritual tambahan guna mengurangi atau meminimalisir efek buruk dari penggunaan gadget. Misalnya adalah dengan rajin olahraga, makan makanan yang sehat dan bergizi serta tidak terus menerus berada di depan gadget.

loading...
Loading...
5 Efek Negatif dari Gadget | inicarak | 4.5