Loading...

5 Efek Samping Penggunakan Pil KB Sebagai Alat Kontrasepsi

Pil KB merupakan salah satu alat kontrasepsi yang banyak dipilih wanita, terlebih oleh wanita yang masih dalam masa menyusui.

Sama seperti pada penggunaan alat kontrasepsi lainnya, penggunaan Pil KB sebagai alat kontrasepsi untuk wanita juga bisa memberikan efek samping yang tidak baik bagi kesehatan. Karena itulah, sebaiknya sebelum minum pil KB terlebih dahulu meminta dokter untuk menjelaskan mengenai kegunaannya. Hal ini perlu anda lakukan agar anda memahami tentang tujuan dan manfaat, serta efek samping dari minum pil KB, demikian seperti yang dilansir laman Boldsky.

Adapun beberapa efek samping yang mungkin muncul akibat penggunaan pil KB diantaranya:

loading...

1. Sakit kepala
Apabila anda sudah mulai menggunakan pil KB untuk alasan medis, maka sebaiknya anda tidak mengonsumsinya tanpa batas. Adapun efek samping dari mengonsumsi pil KB pada umumnya adalah mual dan sakit kepala.

2. Memengaruhi emosi
Pil KB dianggap sebagai metode pengendalian hormon kelahiran dengan dosis estrogen dan progesteron yang aman untuk mencegah ovulasi pada wanita. Sebagai akibat dari hormon yang bertambah, maka beberapa wanita akan mengalami efek samping pil KB, di antaranya adalah membuat mereka jauh lebih emosional atau bahkan murung.

3. Terjadi perdarahan abnormal
Banyak wanita yang mengalami perdarahan abnormal ketika pertama kali mereka mulai mengonsumsi kontrasepsi oral. Hormon buatan yang ada dalam pil KB bisa menyebabkan kemurungan, kelelahan, dan munculnya bercak perdarahan. Ini adalah efek samping yang normal dialami oleh wanita selama 3 bulan pertama mengonsumsi pil KB.

4. Nyeri payudara
Ada juga wanita yang mengalami nyeri pada payudara setelah mengonsumsi pil KB. Wanita yang mengalami efek samping konsumsi pil KB dalam jangka panjang perlu diperiksa secara medis jika mereka mengalami nyeri dada, tekanan darah tinggi, sakit pernapasan, sakit perut parah, atau mendakak mengalami penglihatan buram.

5. Menurunkan keinginan seks
Menurunnya dorongan atau keinginan melakukan hubungan seks bisa dipengaruhi oleh banyak hal, termasuk juga konsumsi pil KB. Selain itu, hormon yang terkandung di dalam pil KB tersebut bisa membuatnya semakin buruk.

Loading...
5 Efek Samping Penggunakan Pil KB Sebagai Alat Kontrasepsi | inicarak | 4.5