Loading...

5 Faktor Penyebab Sulit Hamil

Kebanyakan, setiap pasangan yang baru menikah menginginkan agar sang istri bisa segera hamil. Sayangnya, harapan agar bisa cepat hamil ini tidak serta merta bisa terkabul pada semua orang. Ada kalanya pasangan yang sudah bertahun-tahun membina rumah tangga namun belum juga sang istri diberi kesempatan untuk hamil.

Sebenarnya, masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor penyebab istri sulit hamil. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi kehamilan, menurut dr. Fresia Juwitasari Wongkar dari meetdoctor.com, seperti yang dikutip dari laman Yahoo! She:

1. Faktor dari pihak laki-laki

loading...
  • Apakah spermanya mempunyai bentuk, konsentrasi dan pergerakan yang bagus
  • Riwayat infeksi gondongan/mumps
  • Trauma pada daerah genital
  • Kelainan pada perkembangan alat genital : testis yang tidak turun

2. Gangguan ovulasi (pelepasan sel telur dari ovarium) adalah penyebab tersering infertilitas pada wanita, yaitu sekitar 30-40 persen. Pada pasien-pasien ini biasanya terjadi gangguan dalam siklus haidnya.

3. Kerusakan atau sumbatan pada saluran indung telur/tuba falopii. Akibat dari infeksi rongga panggul dan riwayat operasi pada area panggul sebelumnya.

4. Gangguan bentuk pada rahim: polip, gangguan bawaan dari lahir seperti adanya dua rahim ataupun rahim yang bersekat. Pada kasus ini sering terjadi keguguran secara spontan.

5. Gangguan sistemik seperti gangguan imun, gangguan ginjal, dan penyakit infeksi pada alat genital.

Panduan Cara Cepat Hamil

Loading...
5 Faktor Penyebab Sulit Hamil | inicarak | 4.5