Loading...

5 Gejala Kanker Kulit yang Harus Diwaspadai

Kanker kulit adalah penyakit kanker yang disebabkan akibat dari sering terkena paparan sinar matahari dan juga oleh karena karsinogen tertentu. Ada tiga jenis kanker kulit, yaitu kanker kulit melanoma (termasuk melanoma nodular), karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa. Adapun jenis kanker kulit yang paling berbahaya adalah kanker melanoma.
Memang sulit untuk bisa mengetahui apakah tubuh seseorang terkena kanker kulit atau tidak. Walau memang sulit untuk mengetahui apakah seseorang terkena kanker kulit atau tidak, namun bukan berarti tidak bisa. Seperti yang dikutip dari laman Magforwomen, kita bisa mengetahui apakah seseorang terkena kanker kulit atau tidak dari gejala yang timbul. Berikut ini adalah gejala atau tanda yang timbul bila seseorang terkena kanker kulit.

1. Tidak simetris
Apabila anda mempunyai tahi lalat dan itu asimetris, maka sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan. Untuk mengetahi apakah tahi lalat anda simetris atau tidak, anda bisa mengetahuinya dengan menarik garis lurus dan melihat kedua sisi dari tahi lalat, adakah kesamaan dalam ukuran dan bentuk.

2. Batas
Apabila anda mempunyai tahi lalat atau bintik gelap dan perbatasannya tidak mulus atau bahkan malah tidak rata dan tidak teratur, maka hal itu bisa menjadi tanda anda terkena kanker kulit.

loading...

3. Warna
Apabila anda mempunyai memiliki jerawat namun tidak mempunyai warna yang seragam. Lebih dalam lagi, memiliki banyak warna diatasnya, seperti biru, cokelat, merah dan hitam, hal itu bisa menjadi tanda kanker kulit. Walau demikian, untuk memastikannya anda bisa melakukan pemeriksaan diri ke dokter.

4. Diameter
Apabila anda melihat adanya perubahan tahi lalat yang mencurigakan, anda harus terus memantau untuk melihat apakah akan terus menerus membesar atau tidak. Pasalnya, setiap tahi lalat yang tumbuh dalam beberapa bulan atau tahun setelah dewasa, itu merupakan gejala kanker kulit.

5. Tahi lalat
Setiap ada perbedaan pada tahi lalat, jika mereka berubah warna, bila mereka menjadi lebih besar, mulai pendarahan atau jika bintik-bintik menjadi bersisik dan benjolan muncul di atasnya, anda harus segera pergi ke dokter.

PENTING!
Sesekali, periksalah tubuh anda terkait tanda kanker kulit dan apabila anda mempunyai kesulitan, mintalah bantuan pada orang lain. Karena dengan melakukan tes sederhana ini bisa membantu anda dalam mendeteksi tanda-tanda kanker kulit. Sementara itu, ada beberapa jenis kulit yang lebih rentan mengalami kerusakan akibat sinar UV, karena itu akan lebih bijaksana apabila anda mengetahui seperti apa jenis kulit Anda.

Loading...
5 Gejala Kanker Kulit yang Harus Diwaspadai | inicarak | 4.5