Loading...

5 Hal yang Sebaiknya Tetap Dilakukan Saat Menganggur

Untuk saat ini, bila anda sedang tidak bekerja alias menganggur, atau sedang mencari pekerjaan, maka ada lima hal yang sebaiknya tetap anda lakukan. Seperti dikutip dari AntaraNews, lima hal tersebut mungkin bisa menjadi daya tarik tersendiri agar anda direkrut para manajer perusahaan.

1. Tetaplah aktif saat menganggur
Menganggur bukan berarti anda tidak melakukan apa-apa sepanjang waktu. Ada baiknya bila anda mencoba mencari pekerjaan lepas (freelance) atau pekerjaan sukarela, baik itu yang sesuai dengan bidang kemampuan anda ataupun tidak. Hal ini bisa memberikan nilai tambah pada resume atau daftar riwayat pekerjaan anda. Selain itu, anda juga bisa menyempurnakan keterampilan anda pada satu bidang tertentu misalnya dengan mengambil kelas di lembaga pendidikan.

2. Prioritaskan diri anda menemukan pekerjaan
Saat pekerjaan lepas, sukarela atau pekerjaan lainnya dapat mengefektifkan waktu anda, jangan lupa kalau prioritas anda adalah menemukan pekerjaan. Anda tetap harus memberikan waktu khusus untuk mencari pekerjaan. Sediakan waktu khusus untuk mencari pekerjaan melalui situs pencari kerja. Selain itu, anda juga bisa mengedit resume anda dan menghadiri acara-acara yang diselenggarakan industri.

loading...

3. Lanjutkan jejaring sosial anda
Anda mungkin memiliki jaringan profesional di tempat kerja sebelumnya, tidak ada salah bila anda memperkuatnya untuk meningkatkan kesempatan anda menemukan pekerjaan. Manfaatkan media sosial dan jaringan anda untuk membuat perkenalan atau bahkan permintaan informasi wawancara. Anda juga bisa menghubungi perekrut yang mengkhususkan diri dalam bidang industri anda, karena mereka bisa membantu mengidentifikasi posisi yang mungkin anda tidak disadari.

4. Bantu sesama pencari kerja
Sepanjang pencarian kerja anda, salah satu hal yang paling bermanfaat yang bisa anda lakukan adalah tetap profesional dan positif. Ini termasuk membantu sesama pencari kerja. Karena perlu anda ketahui bahwa jaringan dan mencari pekerjaan tidak satu arah. Semakin anda banyak terlibat dengan orang lain dan membantu mereka, maka semakin anda akan mendapatkan kredibilitas, dan menerima bantuan sebagai imbalan.

5. Selalu tindak lanjuti
Apabila anda mendatangi sebuah wawancara, pastikan bahwa anda menindaklanjutinya dengan manajer yang bersangkutan. Misalkan dengan mengucapkan kata terima kasih. Anda harus tetap proaktif akan menunjukkan antusiasme dan minat dalam pekerjaan itu. Semakin agresif anda, semakin besar kemungkinan anda untuk mendapatkan pekerjaan itu.

Loading...
5 Hal yang Sebaiknya Tetap Dilakukan Saat Menganggur | inicarak | 4.5