5 Jenis Buah yang Bisa Berbahaya Untuk Kesehatan Tubuh | IniCaraku.com

5 Jenis Buah yang Bisa Berbahaya Untuk Kesehatan Tubuh

Makan buah saat panas di siang hari memang sangat menyegarkan. Seperti yang diketahui bahwa mengkonsumsi buah adalah sangat baik untuk kesehatan dan stamina tubuh. Namun demikian, perlu diketahui bahwa tidak selamanya mengkonsumsi buah itu sehat dan bermanfaat untuk tubuh. Ada kalanya justru mengkonsumsi buah bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Buah apa saja itu?

Berikut ini adalah jenis-jenis buah yang bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh, seperti:

Nanas
Buah yang cukup unik ini memang kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu, buah nanas juga rendah lemak sehingga baik untuk menurunkan kolesterol. Namun, buah nanas yang masak mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi nanas secara berlebihan. Selain itu, buah ini juga mengandung bromelain, sebuah enzim yang dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan.

Mangga dan pepaya
Buah ini tentu saja menjadi favorit Anda. Meskipun rasanya tidak semanis nanas, buah mangga dan pepaya akan aman jika dikonsumsi sesekali saja. Untuk menggantikan keduanya, Anda bisa mencoba pisang. Walaupun pisang juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi (GI mencapai 55), namun pisang merupakan sumber energi yang baik.

Melon dan semangka
Kedua buah ini memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga baik untuk mengatasi dehidrasi. Sayangnya, kandungan gula dalam keduanya cukup tinggi (Indeks glikemik mencapai 65-100 persen), sehingga sangat tidak disarankan bagi mereka yang memiliki diabetes atau memiliki riwayat keluarga penderita diabetes untuk mengonsumsi buah ini.

Jadi, ketahui kondisi tubuh anda sebelum mengkonsumsi buah. Selain itu, konsumsilah buah-buahan sewajarnya jangan sampai berlebihan.


IniCaraku.com Search form