Loading...

5 Makanan yang Harus Dihindari Bila Ingin Hidup Sehat

Diet dan membatasi asupan makanan tertentu bisa membuat hidup anda jauh semakin sehat. Selain sehat hidup anda pun akan lebih bahagia.

Seperti yang dikutip dari laman FemaleFirst, Faith Toogood, seorang Ahli Gizi dari Spire Bristol Hospital dan Vavista.com, menyarankan agar anda segera berhenti dari lima makanan ini mulai sekarang juga bila anda menginginkan hidup sehat.

1. Gula
Makanan manis menjadi musuh utama orang yang ingin menurunkan berat badan. Hal-hal yang manis menjadi musuh nomor satu ketika ingin menurunkan berat badan. Konsumsi gula secara berlebihan berkontribusi terhadap epidemi obesitas, demikian menurut hasil penelitian terbaru.

loading...

Untuk anda yang bergaya hidup menetap dan bekerja di meja, makan gula berlebihan bisa cepat berubah menjadi lemak karena memicu pelepasan insulin, yang pada gilirannya mendorong tumbuh menyimpan kelebihan energi dalam bentuk lemak.

Sebagai alternatif, anda bisa memilih makanan rendah gula dan membiasakan membaca label makanan yang anda beli. Anda sebaiknya tidak membeli makanan tersebut bisa gula masuk dalam daftar tiga teratas. Beberapa jenis makanan yang mengandung gula tersembunyi seperti sereal, yogurt rasa buah, termasuk yang rendah lemak, makanan siap saji, minuman bersoda, serta saus kemasan.

2. Daging olahan
Ini mencakup daging yang memiliki sesuatu yang membuatnya bertahan lebih lama (melalui penggaraman, pengasapan atau bahan pengawet kimia).

Daging ini buruk buat kesehatan karena tinggi lemak, kalori, dan garam, serta dikaitkan dengan kanker karena bahan kimia dan nitrat yang digunakan untuk mengawetkan daging.

Tahun lalu, sebuah penelitian terhadap setengah juta orang dewasa di seluruh Eropa mengaitkan terlalu banyak makan daging olahan dengan kematian dini. Cobalah mengurangi hal tersebut dengan mengenalkan hari bebas daging. Selalu baca label saat membeli makanan.

3. Lemak trans
Lemak trans berbentuk lemak tak jenuh yang berperilaku seperti lemak jenuh karena struktur kimianya. Seharusnya anda menghindarinya karena lemak trans meningkatkan kadar kolesterol buruk di dalam darah anda yang juga menurunkan kolesterol baik di dalam darah.

Lemak trans ini paling sering ditemukan di beberapa margarin dan minyak. Jadi, pastikan selalu memeriksa label makanan dan memilih yang tidak jenuh ganda dan tidak jenuh tunggal sebagai gantinya.

4. Makanan rendah lemak
Selama bertahun-tahun orang berpikir bahwa pilihan makanan rendah lemak baik buat kita, tapi itu tak selalu terjadi. Yogurt rendah lemak merupakan contoh yang baik. Meski bebas lemak, mereka mengandung gula yang jumlahnya lebih banyak.

5. Makanan siap saji
Makanan siap saji biasanya mengandung banyak garam dan gula. Pilihan yang paling populer adalah lasagna dan kare karena mereka mengandung sejumlah besar lemak jenuh.

Daripada memilih makanan cepat saji, cobalah makanan sederhana yang mudah dibuat dan tak memakan waktu lebih lama. Buatlah lebih banyak dari yang Anda butuhkan setiap harinya dan kemudian bekukan sisa makanan tersebut untuk makanan hari lainnya ketika Anda ingin sesuatu yang cepat dan mudah.

Loading...
5 Makanan yang Harus Dihindari Bila Ingin Hidup Sehat | inicarak | 4.5