Loading...

5 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan yang Harus Anda Ketahui

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan serat dan asam folat di dalamnya. Buah pisang bisa anda konsumsi kapan pun, karena buah pisang ini termasuk buah yang bisa ditemukan sepanjang masa, tidak perduli musim.

Sebagaimana yang dikutip dari laman uniqee.com, ada lima manfaat dahsyat dari mengonsumsi buah pisang. Berikut ini ulasan lengkapnya mengenai manfaat buah pisang.

1. Meningkatkan Daya Otak
Sebuah penelitian tentang pisang dilakukan terhadap 200 pelajar di sekolah Twickehnham di Middlesex, Inggris. Kepada mereka diberikan makanan tambahan berupa pisang saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Penelitian dilakukan menjelang waktu ujian. Hasilnya, konsumsi pisang tersebut membantu proses belajar mereka. Kalium yang terdapat pada pisang inilah yang berperan meningkatkan konsentrasi belajar anak.

loading...

Selain itu, kandungan vitamin B pada pisang yang cukup tinggi juga mampu mempertahankan aktivitas kerja sistem saraf. Hal inilah yang mendorong pelajar bisa berkonsentrasi lebih lama.

2. Mengurangi Stres
Buah pisang memiliki kandungan potasium yang merupakan mineral yang penting untuk membantu menormalkan detak jantung. Zat-zat yang terkandung dalam buah pisang akan mengirimkan oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan kelembaban dalam tubuh.

Potasium dalam tubuh akan berkurang drastis ketika seseorang mengalami stres dan menyebabkan metabolisme tubuh meningkat secara dramatis. Dengan memakan pisang, kadar potasium dalam tubuh akan seimbang.

3. Sumber Energi
Buah pisang mudah dicerna, sehingga gula yang terkandung di dalamnya akan diubah menjadi sumber energi yang baik untuk pembentukan tubuh dan otot. Buah pisang juga bagus menghilangkan rasa lelah.

4. Mengobati Maag
Sebagai buah yang dapat dikonsumsi langsung, pisang tidak menimbulkan iritasi atau kerusakan usus bagi penderita maag.

Buah ini sering digunakan untuk melawan penyakit usus, karena teksturnya yang lembut. Buah pisang mampu menetralkan asam lambung. Bagi seseorang yang memiliki penyakit usus atau kolik akibat asam lambung, maka dapat mengonsumsi pisang ditambah segelas susu.

5. Gizi untuk Ibu Hamil
Bagi ibu yang sedang hamil, dianjurkan untuk mengonsumsi pisang karena buah pisang memiliki kandungan asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin. Buah pisang akan membantu pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadinya cacat saat sang bayi lahir.

Loading...
5 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan yang Harus Anda Ketahui | inicarak | 4.5