Loading...

5 Mitos Seputar Nyeri Saat Menstruasi yang Harus Anda Ketahui

Nyeri atau rasa sakit dibagian perut seringkali terjadi pada wanita yang sedang haid atau menstruasi. Karena itu, banyak mitos bermunculan di masyarakat seputar nyeri saat menstruasi. Beberapa mitos mungkin benar, namun sebagian lainnya mungkin salah. Seperti yang dikutip dari laman Female First, berikut beberapa mitos seputar menstruasi yang harus anda ketahui:

1. Darah yang keluar adalah penyebab nyeri haid

Dalam kebanyakan kasus, rasa sakit yang dialami saat haid lebih disebabkan karena kontraksi pada otot dinding rahim. Itulah sebabnya kenapa banyak wanita yang sudah merasakan nyeri bahkan sebelum darah haid pertama keluar. Adapun penyebab rasa sakit atau nyeri saat menjelang haid, yaitu karena pembuluh darah yang berada di sepanjang rahim tertekan hingga menghentikan aliran darah untuk sementara. Suplai oksigen juga otomatis terhambat ke rahim. Alhasil tanpa oksigen, jaringan tubuh di rahim akan melepaskan hormon yang memicu rasa sakit.

loading...

2. Nyeri haid hanya pada hari pertama

Tidak sedikit wanita yang mengatakan kalau hari pertama haid adalah hari yang paling menyiksa, ini karena rasa sakit yang dirasakan. Padahal setiap wanita bisa mengalami nyeri haid yang berbeda-beda selama periode menstruasi. Normalnya, nyeri haid berlangsung di hari pertama selama 12-24 jam. Namun dalam beberapa kasus, nyeri haid bisa berlangsung beberapa hari. Gejalanya juga berbeda-beda pada tiap wanita. Ada yang diikuti dengan sakit kepala, mual atau cepat lelah.

3. Selamanya akan mengalami nyeri haid

Gejala nyeri yang dirasakan saat haid bisa berbeda-beda tiap tahunnya. Biasanya, rasa sakit justru berkurang seiring bertambahnya usia. Bahkan beberapa wanita mengaku, periode menstruasi mereka menjadi lebih baik dan teratur setelah memiliki anak.

4. Rasa sakit atau nyeri haid akan dialami oleh semua wanita

Faktanya, tidak semua wanita mengalami sakit saat haid. Kebanyakan wanita yang mengalami rasa sakit di perut saat haid dikarenakan produksi zat kimia yang mendorong otot rahim berkontraksi lebih kuat dan lama. Itulah sebabnya kenapa rasa sakit yang dirasakan oleh tiap wanita bisa berbeda-beda. Bahkan ada yang tidak merasakan sakit sama sekali.

5. Saat haid tidak boleh olahraga

Sakit yang melilit pada perut memang membuat wanita merasa enggan untuk beraktivitas fisik. Namun fakta berkata sebaliknya. Ketika wanita melakukan gerak aktif seperti fitnes atau jogging, ini akan bisa membantu meringankan rasa nyeri haid pada wanita. Anda bisa mencoba beberapa olahraga ringan lainnya seperti bersepeda santai atau jalan sehat.

Loading...

Hasil pencarian:

minum soda saat haid
5 Mitos Seputar Nyeri Saat Menstruasi yang Harus Anda Ketahui | inicarak | 4.5