Loading...

5 Nutrisi Penting untuk Menjaga Kesehatan Wanita

Kekurangan nutrisi ternyata membuat wanita rentan terhadap serangan penyakit. Nah, untuk mencegah wanita dari serangan beragam jenis penyakit, maka perlu untuk memenuhi kebutuhan akan asupan nutrisi untuk tubuhnya.

Berikut ini adalah daftar asupan nutrisi penting untuk wanita yang harus dikonsumsi dan dimasukkan dalam menu harian, sebagaimana yang dikutip dari laman Timesofindia:

1. Vitamin D
Kekurangan vitamin D akan membuat wanita memiliki risiko tulang rapuh, bahkan mengarah kepada osteoporosis. Selain dari mengonsumsi suplemen vitamin D, sumber vitamin D lainnya bisa didapat dari mengonsumsi makanan alami, seperti susu dan keju yang kaya akan kalsium.

Rajin menjaga asupan vitamin D dalam tubuh setiap hari, bisa mengurangi risiko patah tulang pinggul pada wanita yang lebih tua, sekira 30 persen. Demikian sebagaimana yang diungkapkan dalam hasil sebuah studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine.

2. Asam folat (vitamin B9)
Asam folat adalah vitamin B kompleks yang merupakan nutrisi penting untuk ibu hamil. Selain itu, asam folat juga baik untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah anemia, melangsingkan tubuh, hingga meredakan sakit kepala.

Sumber asam folat atau vitamin B9 bisa diperoleh dengan cara mengonsumsi makanan dari sayuran hijau, buah sitrus seperti jeruk dan beri, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

3. Kalsium
Kalsium berfungsi untuk membantu tubuh membuat sel-sel tulang baru. Di saat mendekati usia menopouse, secara perlahan kemampuan tubuh wanita untuk membuat sel-sel tulang baru akan menurun.

Adapun sumber kalsium bisa didapat dari minum susu dan juga makanan seperti tahu, sereal, kedelai, beras, sayuran seperti kangkung, brokoli, dan kubis, serta ikan dengan tulang lunak, seperti sarden dan salmon sebagai solusi untuk memenuhi asupan kalsium untuk mencegah tulang keropos dikala usia menopouse nantinya.

4. Asam lemak omega-3
Asam lemak omega-3 dapat menurunkan kolesterol buruk dan mampu mengusir lemak tak jenuh dalam tubuh, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Demikian menuru hasil dari penelitian.

Sumber asam lemak omega-3 bisa didapat dari mengonsumsi ikan minimal dua kali seminggu. Beberapa jenis ikan yang bisa menjadi sumber asam lemak omega-3 misalnya ikan salmon, nila, dan ikan kod, yang dimasak dengan minyak zaitun rendah lemak.

5. Vitamin B12
Kekurangan asupan vitamin B12 bisa berisiko terkena anemia, sehingga tubuh akan jadi mudah lelah, menurunkan fungsi kerja otak, gampang depresi dan mengarah pada demensia.

Karena itu, disarankan untuk mencukupi asupan vitamin B12 bagi tubuh. Sumber vitamin B12 bisa didapat dari mengonsumsi makanan seperti ikan, daging, unggas, telur, susu, dan sereal.

loading...
About these ads
Loading...
5 Nutrisi Penting untuk Menjaga Kesehatan Wanita | inicarak | 4.5