Loading...

5 Penyakit Kulit Ini Sering Muncul Setelah Ibu Melahirkan

Setelah melahirkan, banyak wanita yang tidak memperhatikan penampilannya karena biasanya ibu akan langsung fokus pada bayinya karena menyusui. Padahal ada banyak risiko penyakit kulit yang mengintai ibu usai melahirkan.

Menurut dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari Perempuan Clinic Bunda International Clinic dr. Amaranila Lalita Drijono, SpKK, risiko pascamelahirkan yang sering dilupakan oleh ibu biasanya berupa perubahan tampilan kulit, baik wajah maupun bagian tubuh lainnya.

“Masalah kulit yang dihadapi pascamelahirkan cukup beragam. Mulai dari acne alias jerawat, strech mark, bercak hitam atau hiperpigmentasi (chloasma gravidarum), kerontokan rambut, hingga timbulnya scar atau bekas luka terutama pascaoperasi caesar,” kata Nila saat seminar bertajuk ‘Risiko Setelah Melahirkan: Apa yang tidak Anda Ketahui dan Wajib Diketahui’ di RS Bunda Jakarta, Rabu (12/6/2013).

loading...

Jika masalah tersebut tidak ditangani dengan benar, maka berbagai masalah kulit tersebut bisa mengganggu kepercayaan diri perempuan, bahkan juga keharmonisan rumah tangga.

Berikut ini adalah lima masalah penyakit kulit yang sering muncul setelah ibu melahirkan:

1. Herpes gestationes
Ditandai dengan keluarnya bintik-bintik merah. Tapi herpes ini tidak menular dan juga bukan virus.

2. Polymorphous eruption
Adapun gejalanya seperti eksim (gatal) terus menerus. Penyakit ini berkaitan dengan meregangnya kulit. Terkadang penyakit ini diperberat dengan pemberian minyak kayu putih atau minyak tawon.

3. Urtikaria
Bentuknya seperti biduran, kaligata (bentol seperti digigit ulat bulu). Adapun penyakit ini kadang-kadang perlu dibantu dengan pengobatan.

4. Chloasma gravidarum
Bercak-bercak kehitaman semasa hamil. Flek ini akan sembuh dengan sendirinya setelah melahirkan. Tapi jika bercak ini tidak hilang juga setelah melahirkan, akan menjadi melasma (infeksi kulit) yang rasanya perih dan gatal di sekitar wajah.

5. Strech mark
Biasanya setelah melahirkan strech mark atau guratan kehamilan akan muncul di perut, payudara, paha, pinggul dan lainnya.

Loading...

Hasil pencarian:

perut gatal setelah melahirkan normal, gatal gatal pasca melahirkan normal, penyebab gatal gatal setelah melahirkan, gatal setelah melahirkan normal, gatal di kaki saat menyusui, geligata setelah melahirkan, kulit gatal saat menyusui, urtikaria pasca melahirkan, usai melahirkan timbul bintik bintik merah kayak bisul
5 Penyakit Kulit Ini Sering Muncul Setelah Ibu Melahirkan | inicarak | 4.5