Loading...

5 Penyebab dan Solusi Cara Mengatasi Rambut Rontok

Kerontokan rambut masih dianggap normal jika dalam sehari rambut yang rontok hanya sekitar 100 helai saja. Namun jika sudah melebihi itu, Anda perlu khawatir akan masalah rambut rontok yang menyerang.

Untuk mengatasi dan mengobati rambut rontok, maka Anda perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

1. Anemia
Anemia adalah kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan zat besi sehingga menurunkan kadar sel darah merah dalam darah kita. Kondisi tersebut akan berpengaruh terhadap kesehatan folikel rambut.

loading...

Untuk mengatasi masalah rambut rontok karena kekurangan zat besi ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi suplemen zat besi yang dibarengi dengan vitamin C sebagai pendukung, agar penyerapan zat besi berlangsung maksimal.

2. Stres
Stres merupakan faktor penyebab umum rambut rontok yang sering terjadi dan banyak dialami. Tingkat stres yang tinggi akan membuat folikel rambut menjadi tidak aktif atau terserang oleh sel darah putih, dan hasilnya seminggu kemudian rambut kita akan mengalami kerontokan.

Untuk mengatasi rambut rontok karena stres, lakukanlah relaksasi seperti yoga, meditasi, terapi, dan lain-lain. Dan yang paling penting hindarilah faktor penyebab stres. Sebisa mungkin hindari stres yang berlebihan dan nantinya biarkan rambut rontok kita akan tumbuh kembali lagi.

3. Dalam perawatan medis tertentu
Rambut rontok juga bisa terjadi sebagai efek samping dari mengonsumsi obat antidepresan, diuretik, atau pil Rx.

Adapun solusi untuk mengatasi masalah rambut rontok pada kondisi ini adalah dengan mengatur dosis obat yang kita konsumsi, dan cobalah untuk mencari obat alternatif lain. Namun, lakukanlah pemeriksaan ke dokter kita terlebih dahulu.

4. Hypo atau Hyperthyroid
Keadaan hormon yang tidak seimbang akan meningkatkan kadar zat kimia alami tubuh, yaitu DHT yang akan “menyerang” folikel rambut kita.

Sebagai solusinya, gunakan resep obat yang mampu membantu mengembalikan kondisi hormon thyroid kita ke level normal atau sehat.

5. Diet rendah lemak
Program pelangsingan tubuh yang terlalu ketat akan membuat rambut kita mengalami kerontokan. Tidak hanya itu, diet yang tidak sehat juga akan mengakibatkan kelelahan, dehidrasi, dan kram.

Jika ini yang terjadi pada Anda, sebaiknya isi program penurunan berat badan Anda dengan asupan protein yang cukup setiap hari. Karena protein merupakan nutrisi yang sangat penting untuk membuat rambut kita tetap sehat dan utuh.

Loading...
5 Penyebab dan Solusi Cara Mengatasi Rambut Rontok | inicarak | 4.5