Loading...

5 Penyebab Kenapa Anda Cepat Lelah

Daya tahan tubuh yang lemah bisa menyebabkan seseorang mengalami cepat lelah dan capek. Adanya gangguan kesehatan atau penyakit juga bisa membuat seseorang cepat lelah dan kecapaian. Namun selain itu, sebenarnya ada penyebab umum yang sering terjadi dan sering menyebabkan seseorang mengalami cepat lelah dan capek.

Seperti yang dilansir laman kompas, berikut beberapa penyebab umum yang membuat Anda merasa cepat kelelahan dan kecapaian.

1. Kurang tidur
Tidur yang berkualitas membuat Anda merasa segar dan bugar ketika bangun tidur. Sementara kurang tidur akan menyebabkan Anda merasa mengantuk sehingga mengganggu kualitas kerja. Penyebab kurang tidur bisa karena insomnia atau Anda merasa tidak bisa tidur meski sudah lama berbaring di tempat tidur. Agar Anda bisa tidur segera, hindarilah makan, membaca, atau menonton televisi di tempat tidur. Bila tetap sulit tidur, Anda bisa mencoba tidur di ruangan lain, membaca atau santaikan diri hingga mengantuk.

loading...

2. Stres dan cemas
Pekerjaan yang belum selesai, padahal bos atau atasan minta agar pekerjaan tersebut segera diselesaikan bisa membuat Anda merasa cemas dan stres.

Stres dan cemas bisa menyebabkan Anda susah tidur, dimana ketika Anda susah tidur ini akan menyebabkan jam tidur jadi berkurang. Anda pun jadi mengantuk ketika bangun tidur.

Agar bisa tidur dengan nyenyak, Anda perlu menghilangkan rasa cemas dan stres. Cara mudah mengurangi stres adalah membuat prioritas dan mengorganisasi aktivitas. Sisihkan waktu setiap hari untuk melakukan hal-hal yang Anda senangi. Anda juga bisa bangun 15 menit lebih awal untuk memberi waktu lebih banyak untuk memulai hari baru. Di tempat kerja, Anda kelola ketegangan yang muncul. Realistislah dengan keterbatasan Anda. Istirahatlah sambil melakukan peregangan sesaat, selama beberapa kali.

3. Tidak aktif
Salah jika Anda berpikir untuk tidak olahraga karena Anda merasa terlalu lelah untuk berolahraga. Meluangkan waktu untuk beraktivitas fisik selama 30 menit atau lebih selama beberapa hari dalam seminggu, justru bisa menurunkan stres, memperbaiki suasana hati, dan membuat bertenaga.

Mulailah dengan berjalan kaki selama 10 menit, berangsur-angsur meningkat hingga 30 menit bahkan lebih. Sebagai catatan, 30 menit merupakan anjuran minimal. Anda butuh aktivitas sedang selama satu jam untuk mempertahankan kebugaran dan berat badan sehat. Sebaiknya tidak menjadwalkan waktu berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur karena dapat membuat Anda malah sulit tidur.

4. Konsumsi obat-obatan tertentu
Sejumlah obat-obatan, termasuk betabloker dan antihistamin, bisa menimbulkan kelelahan. Beberapa obat flu dan pereda nyeri juga mengandung kafein dan stimulan lain, yang akan membuat Anda terjaga di malam hari.

5. Pola makan
Makan tidak benar atau tidak cukup minum membuat tubuh tidak mendapat bahan bakar dan cairan yang dibutuhkan. Mulai hari Anda dengan sarapan rendah lemak dan tinggi serat. Jauhi sereal penuh gula maupun minuman berkafein. Mengonsumsi kafein akan menjadi bumerang bagi diri Anda dan membuat semakin lelah. Minuman berkafein sebaiknya tidak dikonsumsi menjelang tidur.

Kafein tak hanya membuat sulit tidur, tetapi juga mengganggu jam biologis tidur. Satu hal lagi, kafein juga bersifat diuretik, sehingga membuat sering berkemih. Bila tidak minum lagi bisa mengalami dehidrasi.

Yang juga perlu diperhatikan, jangan melewatkan waktu makan. Isi tubuh Anda setiap 3-4 jam. Hindari alkohol karena akan menekan sistem saraf pusat, sehingga membuat Anda lelah hingga beberapa jam berikutnya.

Loading...

Hasil pencarian:

nokia x cepat panas, cara mengatasi hp nokia x yg cepat
5 Penyebab Kenapa Anda Cepat Lelah | inicarak | 4.5