Loading...

5 Penyebab Nyeri Pada Payudara Wanita yang Harus Anda Tahu

Seringkali wanita merasakan khawatir ketika bagian payudara terasa nyeri. Ini bukan tanpa alasan, karena nyeri pada payudara bisa menjadi salah satu tanda dari kanker payudara. Namun tenang, belum tentu nyeri pada payudara ini sebagai tanda awal dari kanker payudara.

Rasa tidak nyaman tentu dirasakan bila bagian payudara terasa nyeri atau sakit. Seperti yang dikutip dari laman Boldsky, berikut merupakan beberapa penyebab rasa nyeri atau sakit di payudara wanita.

1. Perubahan Hormonal

loading...

Beberapa wanita khawatir ketika mengalami nyeri di payudara mereka, padahal hal tersebut mungkin saja normal dan disebabkan kegelisahan akibat perubahan hormonal. Beberapa jenis perubahan hormonal adalah menopause, menstruasi, dan sindrom pramenstruasi, kehamilan dan pubertas.

2. Payudara Fibrokistik

Lebih dari setengah perempuan akan mengalami perubahan payudara fibrokistik pada beberapa bagian payudara, dan salah satu penyebab utama dari nyeri payudara. Sangat normal memang mengalami payudara fibrokistik, tetapi mereka menyebabkan rasa sakit pada payudara dan bagian luar dada. Lakukanlah perawatan diri sendiri untuk meringankan rasa sakit.

3. Retensi Air

Ada beberapa wanita yang mengalami rasa sakit pada bagian payudara karena retensi air, dan itu tidak ada hubungannya dengan siklus menstruasi. Banyak pengamatan yang telah dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui apakah rasa sakit disebabkan karena faktor lingkungan atau nutrisi. Namun, belum ada bukti yang jelas ditemukan mengenai penyebabnya.

4. Costochondritis

Ini adalah jenis peradangan pada persimpangan tulang rusuk ke tulang dada. Costochondritis menyebabkan nyeri kurang lebih pada sekitar tulang dada dan tulang rusuk. Selain itu, rasa sakit dapat berkisar dari ringan sampai sangat menyakitkan.

5. Kista Payudara

Kista di payudara dapat membuat Anda merasa seperti ada benjolan kecil atau berisi cairan yang berbahaya. Kista payudara yang dianggap jinak adalah masalah yang paling umum di kalangan wanita sebelum menopause, dan biasanya terjadi antara usia 35 dan 40 tahun. Sementara, untuk beberapa orang, kista payudara dapat menjadi tidak nyaman dan menyakitkan.

Loading...
5 Penyebab Nyeri Pada Payudara Wanita yang Harus Anda Tahu | inicarak | 4.5