Loading...

5 Pilihan Terbaik Buah untuk Menu Buka Puasa yang Sehat

Buka puasa menjadi salah satu momen menggembirakan bagi mereka yang berpuasa. Karena waktu buka puasa berarti anda bisa kembali mulai makan dan minum seperti pada hari biasanya.

Namun saat buka puasa pastikan anda mengonsumsi makanan yang sehat dan tidak berlebihan. Berbuka puasa juga tidak boleh langsung dengan mengonsumsi makanan berat. Mulailah buka puasa dengan mengonsumsi buah agar pencernaan tidak kaget langsung bekerja berat.

Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Buka Puasa

Berikut ini adalah beberapa contoh buah yang bisa dijadikan sebagai menu buka puasa yang sehat untuk anda dan keluarga. Diantaranya:

loading...

1. Kurma

Kurma merupakan sumber gula yang sehat, sehingga pas dikonsumsi saat berbuka puasa. Karena, kurma sumber serat makanan dan antioksidan, serta kaya zat besi yang membantu menjaga kadar hemoglobin.

Untuk kesehatan, kurma berguna membantu dalam mengatasi sembelit serta menurunkan kolesterol jahat serta meningkatkan energi. Untuk kecantikan, kurma berguna dalam memperbaiki sel kulit yang rusak, menjaga kesehatan kulit dan rambut serta mencegah penuaan dini. Karena kaya gizi, kurma juga baik untuk ibu hamil dan menyusui serta dapat memulihkan tenaga setelah proses melahirkan.

2. Anggur

Anggur dikemas dengan vitamin dan antioksidan yang membuatnya sehat. Anggur tidak tinggi kalori, hanya sekira 15 gram gula yang aman dikonsumsi saat berbuka puasa.

Salah satu jenis anggur yang cukup populer adalah anggur merah dimana buah ini baik juga dikonsumsi ibu hamil karena membantu perkembangan otak janin serta membentuk tulang dan gigi. Juga mengonsumsi anggur merah bisa membantu ibu hamil terhindar dari masalah anemia.

3. Pisang

Pisang memberikan energi instan dan meningkatkan gula alami dengan cepat. Karena tinggi magnesium dan potasium, mengonsumsi pisang adalah cara terbaik untuk mengisi mineral tubuh yang terkuras selama berpuasa.

Ada banyak buah pisang diantaranya adalah pisang ambon, kepok, pisang susu, pisang barangan dan banyak lagi jenis lainnya yang bisa dikonsumsi.

Selain untuk meningkatkan energi sehabis puasa, manfaat pisang untuk ibu hamil ini juga cukup baik karena kandungan nutrisi didalamnya, diantaranya adalah asam folat yang akan membantu mencegah bagi lahir cacat.

4. Mangga

Manfaat buah mangga cukup baik untuk dikonsumsi sebagai menu buka puasa karena di dalam buah mangga ini memiliki banyak serat dan berperan sebagai buah prebiotik. Selain itu, mangga merupakan sumber antioksidan, sehingga baik dikonsumsi saat berbuka puasa.

5. Leci

Ada banyak manfaat buah leci untuk kesehatan, terutama bagi yang tengah berpuasa. Karena di dalam buah leci terkandung serta serat yang tinggi yang dapat membuat sistem pencernaan lancar. Selain itu, buah ini juga merupakan sumber gula, sehingga saat berbuka puasa mendapatkan pasokan yang cukup.

Itulah beberapa contoh jenis buah yang bisa dikonsumsi untuk menu buka puasa sebagaimana yang dikutip dari laman Thehealthsite. Semoga bermanfaat.

Loading...
5 Pilihan Terbaik Buah untuk Menu Buka Puasa yang Sehat | inicarak | 4.5