Loading...

5 Tips Agar Anak Kuat Berpuasa

Orang tua sebaiknya mengajarkan anak untuk berpuasa sejak dini, agar ketika dewasa nanti anak sudah terbiasa dan tidak lagi merasa terpaksa untuk menjalankan ibadah puasa.

Berikut ini tips mengajarkan anak agar mau dan kuat puasa :

1. Saat anak merasa lapar atau haus, jangan langsung menawarkan anak untuk berbuka. Berikan motivasi yang menguatkan mental anak. Kalimat positif semisal, “Nanti ya, Nak, minumnya, sebentar lagi buka.”

loading...

Jangan malam memberikan penawaran dengan kalimat negatif, semisal, “Kamu kuat nggak, Nak?”.

Namun jika anak Anda sudah kepayahan dan emosinya juga belum matang, maka persilakan ia untuk berbuka. Setelah itu minta agar anak melanjutkan lagi puasanya.

2. Jangan batasi aktivitas fisik anak. Cukup dengan memindahkan waktu main yang menguras energi. Misalnya main sepeda jangan langsung setelah sahur, namun lakukan menjelang berbuka saja.

3. Ajarkan anak puasa secara bertahap. Ketika masih balita, cukup berpuasa selama beberapa jam, berbuka, lalu lanjutkan kembali puasanya. Untuk anak SD, perkenankan ia berpuasa hingga Maghrib. Jangan dikasih batasan sampai Zhuhur kalau anak kuat puasa penuh.

4. Biasanya, anak akan merasa lemas dalam tiga hari pertama puasa. Namun itu normal, sebab metabolismenya baru beradaptasi dengan puasa.

5. Latihlah anak Anda untuk puasa sebelum Ramadhan tiba, misalnya dengan mengerjakan puasa sunah setiap Senin dan Kamis.

Namun untuk anak yang mengalami sakit berat, sakit kronis, malnutrisi, ataupun sedang dalam pengobatan lama sebaiknya tidak berpuasa dulu.

Loading...

Hasil pencarian:

doa agar kuat puasa
5 Tips Agar Anak Kuat Berpuasa | inicarak | 4.5