Loading...

5 Tips Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android yang Lemot

Kecepatan akses seperti menu, game, atau aplikasi lainnya merupakan salah satu alasan yang menjadi pilihan untuk memilih sebuah smartphone Android. Namun sayang, karena beberapa faktor, smartphone yang tadinya berjalan dengan lancar dan tanpa tersendat akhirnya berubah menjadi lambat loadingnya. Bila demikian, tentu akan membuat emosi akan meninggi.

Bila dirasa performa smartphone Android yang anda miliki sudah mulai terasa lemot, maka ada beberapa langkah mudah untuk memperbaikinya sehingga smartphone Android anda bisa kembali berjalan dengan cepat dan lancar. Berikut beberapa diantaranya yang bisa anda coba:

1. Me-restart dan meng-update sistem
Tanpa kita sadari, mungkin ada beberapa aplikasi yang berjalan bersamaan. Menjalankan aplikasi bersamaan bisa membuat kinerja smartphone Android menjadi lambat. Bila tidak tahu aplikasi apa saja yang berjalan, maka merestart smartphone bisa membantu untuk mematikan aplikasi-aplikasi tersebut.

Anda juga bisa mengupdate versi terbaru dari sistem operasi Android pada smartphone yang anda gunakan. Langkah ini bermanfaat untuk memperbaiki bug-bug yang mungkin ada pada sistem atau aplikasi yang mungkin membuat smartphone anda berjalan lambat. Untuk cara menginstal versi Android terbaru, anda bisa meng-update sistem melalui menu Settings >> About device untuk melihat apakah ada update yang tersedia.

2. Hapus file yang sudah tidak lagi dibutuhkan
Banyaknya file yang ada pada smartphone Android ikut memamakn jumlah memori yang ada. Luaskan memori smartphone dengan cara menghapus file-file yang sudah tidak lagi digunakan atau diperlukan. Misalnya foto, atau musik lama yang anda sudah tidak lagi ingin mendengarkannya. Ini adalah salah satu cara termudah untuk membuat smartphone Android berjalan lancar lagi.

Begitu juga dengan aplikasi. Anda perlu menghapus apalikasi-aplikasi yang sudah tidak lagi dibutuhkan. Selain akan menambah ruang memori, menghapus aplikasi juga bisa membuat konsumsi sumber daya smartphone berkurang. Ini karena ada aplikasi yang proses sistemnya kerap berjalan di background.

3. Bersihkan cache data
Terkadang smartphone Android akan menyimpan gambar atau sejumlah data yang terkait dengan aplikasi tertentu sehingga nanti tidak perlu men-download setiap kali anda membuka sebuah aplikasi.

Mungkin ada gambar yang disimpan pada smartphone anda dari sebuah aplikasi. Hapus ini dengan cara masuk ke menu Settings >> Storage >> Cached data.

4. Matikan efek animasi
Efek animasi akan membuat tampilan menu smartphone menjadi lebih cantik. Namun efek animasi ini ternyata akan membuat smartphone anda berjalan sedikit lebih lambat. Dengan mematikan efek animasi akan membuat smartphone Android terasa lebih cepat. Untuk cara mematikan efek animasi, silahkan buka menu Settings >> About phone, dan scroll ke bawah untuk menuju kategori yang disebut Build Number. Tekan Build Number tujuh kali.

Setelah melakukannya, anda akan mendapatkan akses ke menu Developer options dalam pengaturan sistem smartphone. Dalam menu ini anda akan menemukan kategori seperti Transition animation scale dan Animator duration scale. Tekan keduanya untuk mematikan.

5. Gunakan aplikasi Watchdog Task Manager
Seringkali bug bisa ditelusuri kembali ke salah satu aplikasi. Masalahnya adalah sulit untuk menemukan aplikasi apa saja yang menyebabkan masalah atau bug tersebut. Bila anda menduga hal ini terjadi pada perangkat anda, maka anda bisa mencoba menggunakan aplikasi Watchdog Task Manager.

Aplikasi tersebut bisa memonitor berapa banyak daya komputer dan sumber daya dari sebuah aplikasi yang digunakan dan memungkinkan anda untuk mengetahui mana aplikasi yang mungkin memperlambat kinerja smartphone.

loading...
Loading...
5 Tips Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android yang Lemot | inicarak | 4.5