Loading...

5 Tips Cara Menghentikan Kebiasaan Menggigit Kuku

Kebiasaan menggigit kuku tidak hanya merusak kuku, namun juga menyebabkan mulut rentang terkena bakteri. Karena itu, kebiasaan menggigit kuku sebaiknya segera anda hentikan, sekarang juga!

Kebiasaan menggigit kuku bahkan bisa muncul tanpa kita sadari. Beberapa faktor bisa menjadi penyebab munculnya kebiasaan menggigit kuku, misalnya karena sedang stres, frustasi, bosan atau bisa juga karena merasa kesepian. Selain itu, kebiasaan menggigit kuku juga bisa muncul karena seseorang mengalami gangguan obsesif kompulsif, di mana seseorang menjadi cemas bila tidak menggigit kuku.

Bila anda termasuk salah satu orang yang punya kebiasaan mengigit kuku, maka berikut ini adalah cara menghentikan kebiasaan menggigit kuku yang bisa coba untuk dilakukan:

1. CUkup satu kuku untuk sekali gigit
Anda bisa mulai dengan mencoba untuk mengurangi jumlah kuku yang digigit. Misalnya dalam waktu sehari, maksimal hanya mengigit satu kuku saja. Pastikan bahwa anda tidak mengigit kuku yang lain. Hal ini akan membantu anda untuk mengendalikan keinginan menggigit kuku.

loading...

2. Sibukkan tangan dan mulut anda
Salah satu cara terbaik berhenti menggigit kuku adalah pastikan tangan dan mulut Anda sibuk. Anda bisa memulai hobi baru agar tangan anda tidak diam untuk beberapa saat. Bisa juga makan permen, agar mulut sibuk mengunyah atau konsumsi makanan ringan.

3. Gunakan perekat perban pada kuku
Agar anda tidak menggigit kuku, maka anda bisa menggunakan perban untuk menutupi kuku anda. Pastikan anda mengganti perbannya setiap hari. Setelah beberapa pekan, maka anda akan lihat betapa indahnya kuku anda bila tidak digigit.

4. Pakailah kutek untuk kuku anda
Anda bisa memilih warna kutek sesuai selera dan mengoleskannya pada kuku anda. Bila tanpa sadar mengigit kuku anda, maka rasa pahit yang akan dapat. Rasa pahit ini akan membuat anda tidak ingin untuk mengigitnya lagi.

5. Lakukan perawatan kuku dengan manikur
Cara lainnya yang bisa dicoba untuk menghentikan kebiasaan menggigit adalah merawat kuku dengan manikur kuku. Dengan cara ini, maka anda akan melihat kuku cantik dan tidak akan tega menggigitinya lagi. Anda bisa melakukan manikur sesering mungkin untuk membantu menghilangkan kebiasaan itu. Dengan melakukan manikur, maka kuku anda akan selalu terlihat cantik dan anda pun akan sayang untuk menggigitnya.

Itulah beberapa tips terkait cara menghentikan kebiasaan menggigit kuku yang bisa dilakukan sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
5 Tips Cara Menghentikan Kebiasaan Menggigit Kuku | inicarak | 4.5