Loading...

5 Tips Mudik Memakai Kendaraan Pribadi

Mudik atau pulang ke kampung halaman merupakan salah satu aktivitas rutin masyarakat Indonesia menjelang libur panjang, termasuk libur lebaran. Walaupun mudik merupakan satu kebiasaan, namun tetap saja dibutuhkan persiapan yang memadai, terlebih dikarenakan kondisi dan keramaian jalan yang selalu berubah setiap tahunnya.

Salah satu hal yang harus diperhatikan terutama untuk pemudik yang memakai kendaraan pribadi adalah pemudik harus fokus dan menjaga konsentrasi saat mengemudi.

Tips Mudik Menggunakan Kendaraan Pribadi

Entah kendaraan pribadi yang digunakan untuk mudik itu adalah mobil atau motor, namun anda tetap bisa menerapkan tips mudik menggunakan kendaraan pribadi berkut ini agar selamat sampai tujuan sebagaimana yang dikutip dari Liputan6.com:

1. Observasi kendaraan yang digunakan untuk mudik

loading...

Agar kendaraan yang digunakan nutuk mudik layak jalan, maka pastikan untuk dilakukan upaya laik jalan saat mudik, seperti misalnya dengan cara cek kondisi mesin, transmisi, rem, kelistrikan, suspensi, roda atau ban, dan wiper. Bila kondisi kendaraan sudah oke, maka perjalanan mudik akan terasa jauh lebih aman dan juga nyaman.

2. Kenali kondisi diri sendiri

Tentunya yang lebih paham mengenai ritme kerja tubuh anda adalah anda sendiri. Karena itu, pastikan jangan sampai berkendara dalam kondisi lelah yang ditandai dengan gejala seperti mengantuk, sering menguap, dan konsentrasi berkurang.

Bila dirasa lelah mulai menyerang, maka langsung saja untuk istirahat. Idealnya setiap 2-3 jam mengemudi maka anda harus istirahat. Untuk kaum muslim sebenarnya jauh lebih mudah. Karena anda bisa menggunakan waktu salat lima waktu dalam sehari sebagai waktu untuk istirahat agar tubuh kembali fit.

3. Eksekusi

Lakukan manajemen anti lelah, seperti misalnya dengan cara tidur 10-45 menit sebelum melakukan perjalanan jauh. Kemudian untuk mencegah kekenyangan dan menghindari kantuk saat diperjalanan, maka hindari makan terlalu banyak. Penting juga untuk selalu menjaga jarak aman dalam berkendara.

4. Perhatikan aspek keselamatan

Saat di berkendara, terutama yang meamakai mobil agar memastikan untuk selalu memperhatikan segala hal yang menyangkut faktor keselamatan, seperti misalnya posisi kaca spion, menggunakan seat belt yang benar, dan lain-lain.

5. Fokus dan konsentrasi

Tingkatkan fokus dan konsentrasi dalam mengemudi, terutama pada jarak sekita 5-10 kilometer menjelang tujuan.Pasalnya, pada kondisi tersebut merupakan yang paling berisiko rawan kecelakaan. Hal ini dikarenakan biasanya daya konsentrasi akan berkurang ketika pengemudi ingin cepat-cepat sampai di tujuan.

loading...
Loading...
5 Tips Mudik Memakai Kendaraan Pribadi | inicarak | 4.5