Loading...

5 Trik Cara Menghemat Tagihan Listrik Bulanan

Keberadaan barang-barang elektronik kini tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia. Ada banyak peralatan elektronik di rumah yang berguna sebagai hiburan, urusan pekerjaan, hingga penunjang aktivitas di rumah yang semuanya membutuhkan daya listrik.

Namun, dengan kepraktisannya dalam menunjang kehidupan manusia, seringkali peralatan elektronik bahkan di biarkan tetap menyala meski tidak lagi dibutuhkan. Akibatnya, tagihan listrik di akhir bulan membengkak hingga dirasakan cukup membebani biaya pengeluaran bulanan. Ya, terus membiarkan lampu-lampu maupun peralatan elektronik lainnya menyala sepanjang waktu membuat kita tanpa sadar menyebabkan tagihan listrik membengkak dan harus sering-sering mengisi token listrik bagi pengguna listrik pra bayar.

Trik Cara Menghemat Listrik di Rumah

Agar jumlah tagihan listrik tidak terus membengkak tiap bulannya, maka ada baiknya untuk menerapkan beberapa tips cara praktis untuk menghemat tagihan listrik di rumah. Bagaimana caranya?

loading...

1. Tentukan kebutuhan daya listrik

Sebelum mendaftarkan rumah untuk memasang listrik, ada baiknya terlebih dahulu untuk memperkirakan masak-masak berapa kebutuhan daya yang dibutuhkan dalam rumah. PLN sendiri membagi pelanggan PLN menjadi beberapa golongan dengan tarif dasar listrik yang berbeda. Khusus untuk pelanggan rumah tangga, tarifnya dibagi tiga, yakni R1, R2, dan R3. Golongan tarif tersebut nantinya akan menentukan berapa biaya pemakaian dan biaya beban yang harus dibayar setiap bulannya.

2. Lakukan kebiasaan hemat listrik

Kebiasaan untuk menyalakan peralatan elektronik yang tidak diperlukan harus segera dibiarkan untuk mengurangi jumlah pemakaian daya listrik setiap bulannya. Beberapa kebiasaan yang perlu dihentikan sekarang juga semisalnya membiarkan lampu terus menyala. Kemudian matikan perangkat hiburan seperti DVD, TV, radio tape, PC saat tidak digunakan dan jangn lupa untuk mencabut kabelnya dari stop kontak.

3. Pilih desain rumah yang mendukung hemat energi

Rumah hemat energi adalah rumah yang memiliki desain yang mendukung untuk hemat energi. Salah satu caranya adalah dengan membangun rumah yang memiliki banyak bukaan atau jendela. Dengan demikian kita tidak perlu lagi membutuhkan AC atau pendingin ruangan dikala cuaca panas, karena dengan membuka jendela saja udara sejuk bisa masuk dalam rumah. Pun demikian kita tidak perlu menyalakan lampu di siang hari hanya untuk menerangi ruangan.

4. Cermat dalam memilih peralatan listrik

Saat membeli peralatan listrik, pilihlah peralatan yang membutuhkan daya kecil. Hal ini sangat berpengaruh dalam menghemat daya listrik yang nantinya dipakai. Selain itu, ada baiknya untuk menggunakan peralatan listrik hanya saat dibutuhkan saja. Jika masih bisa mencuci dengan tangan, kenapa harus menggunakan mesin cuci hanya untuk mencuci baju?

5. Pasang alat penghemat listrik

Anda mungkin penah mengalami saat menyalakan peralatan listrik berdaya besar tiba-tiba saja switch meteran / MCB listrik jatuh / turun. Padahal anda sudah menghitung jumlah semua daya / watt peralatan listrik yang sedang digunakan tidak melebihi kapasitas daya listrik rumah.

Pada saat peralatan listrik dinyalakan, maka ia akan muncul lonjakan tegangan besar sementara atau cosinus pada arus listrik. Inilah yang menjadi penyebab kenapa switch meteran atau MCB listrik bisa saja jatuh / turun atau anjlok. Nah, untuk mengatasi atau meredam lonjakan listrik tersebut maka kita bisa menggunakan alat penghemat listrik yang banyak dijual atau bisa dengan cara membuat sendiri alat pengemat listrik.

Prinsip kerja alat penghemat listrik sebenarnya adalah dengan cara meredam lonjakan tegangan sementara atau tarikan awal atau daya semu atau induksi listrik yang ada pada peralatan listrik atau elektronik.

Loading...

Hasil pencarian:

Cara mengobati orang habis kesetrum, obat kena listik, obat kena setrum, obat pasca kesetrum, obat yg harus diminum setelah terkena strum
5 Trik Cara Menghemat Tagihan Listrik Bulanan | admin | 4.5