Loading...

6 Bahaya Mengonsumsi Makanan Pedas Secara Berlebihan

Indonesia tekenal akan rempah-rempahnya yang melimpah serta ragam masakan yang cenderung pedas. Sebagian orang bahkan merasa bahwa makan tanpa sambal tidaklah nikmat rasanya, padahal makan makanan pedas secara berlebih bisa mengakibatkan gangguan pencernaan seperti diare, perut mulas dan bahkan bisa menyebabkan beberapa penyakit kronis.

Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang bisa bisa muncul karena terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas.

1. Refluks Asam
Refluks asam adalah pengaliran kembali isi lambung ke dalam kerongkongan. Penyakit ini bisa mengakibatkan nyeri, peradangan dan kerusakan pada kerongkongan. Makanan pedas sebenarnya merupakan kombinasi asam. Jika terlalu banyak asam yang masuk kedalam perut, maka akan merusak dinding lambung.

loading...

2. Gastritis (Maag) Akut
Gastritis disebabkan karena peradangan dari mukosa lambung, membran yang melapisi perut. Serangan ringan gastritis terkadang dirasakan sesekali. Namun sebagian orang tidak menyadarinya, menyangka itu hanyalah gangguan pencernaan biasa. Tanda-tanda Gastritis akut seperti muntah, mual, demam, diare, dan sakit kepala.

3. Ulkus Gaster (Tukak Lambung)
Makanan pedas bisat menyebabkan luka pada lapisan mukosa yang sensitif atau pada usus kecil, yang biasa disebut duodenum (ulkus duodenum), atau juga di esofagus (ulkus kerongkongan). Tukak lambung yang menyakitkan biasanya menyebabkan rasa terbakar di perut, mual, muntah, serta penurunan berat badan.

4. Susah Tidur (Insomnia)
Mengonsumsi makanan pedas saat malam hari bisa meningkatkan temperatur tubuh yang menyebabkan insomnia. Oleh karena itu, hindari memakan makanan yang pedas saat makan malam jika Anda tidak ingin mengalami insomnia atau susah tidur.

5. Kehilangan Nafsu Makan
Meski rasa pedas bisa meningkatkan nafsu makan, namun makan makanan yang terlalu pedas dan berebihan justru bisa mengakibatkan hilangnya nafsu makan.

6. Berkurangnya sensitivitas lidah
Jika Anda merasa semakin lama semakin kuat mengonsumsi makanan pedas, sebaiknya Anda berhati-hati. Itu bukan berarti karena lidah Anda semakin terbiasa, namun bisa jadi itu karena sensitivitas indera pengecap berangsur aus. Yang paling fatal, lidah tidak lagi berfungsi maksimal untuk menentukan porsi makanan pedas yang bisa kita tolerir.

Loading...
6 Bahaya Mengonsumsi Makanan Pedas Secara Berlebihan | inicarak | 4.5