Loading...

6 Cara Alami untuk Menghilangkan Ketombe

Ketombe merupakan gangguan kulit kepala yang membuat kulit kepala jadi terasa gatal dan membuat rambut jadi menipis. Karena ketombe juga kita jadi tidak bisa bebas menggunakan pakaian sesuai keinginan, khususnya untuk pakaian berwarna gelap, hitam misalnya.

Munculnya ketombe biasanya karena kurangnya perawatan dan menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Ketombe juga bisa disebabkan karena sering bergantian mengunakan sisir dengan orang lain. Untuk menghilangkan ketombe, ada beberapa tips dan cara yang bisa Anda coba, diantaranya:

1. Jaga kulit kepala agar tetap bersih
Untuk menghilangkan ketombe, sangat penting menjaga rambut dan kulit kepala tetap bersih. Saat ini ada banyak merek shampo untuk menghilangkan ketombe, namun pastikan shampo yang Anda pilih mengandung Zinc Pyrithione, Tea-tree Oil, Teh Hijau, dan ketoconazole.

2. Keramas secara teratur
Salah satu kebiasaan yang baik untuk kulit kepala adalah keramas secara teratur. Membersihkan kulit kepala secara teratur dapat mencegah akumulasi sel kulit mati pada rambut dan kulit kepala. Cucilah rambut Anda setidaknya dua atau tiga kali seminggu. Untuk hasil yang lebih baik, gunakanlah shampo herbal dan shampo pengobatan ketombe.

3. Gunakan kondisioner dengan benar
Cara menggunakan kondisioner yang baik adalah pada ujung rambut, bukan pada kulit kepala. Sisa-sisa kondisioner yang ada di rambut justru bisa menimbulkan ketombe, jadi pastikan mencuci bersih sisa kondisioner yang ada di rambut.

4. Sisir secara teratur
Menyisir rambut tidak hanya berguna untuk menata dan merapikan rambut, namun juga baik untuk mengusir ketombe dan sel mati dari kulit kepala Anda.

5. Konsumsi vitamin B kompleks
Vitamin B dapat secara aktif mengendalikan ketombe. Untuk memperkuat akar rambut dan juga mencegah ketombe muncul kembali, konsumsilah vitamin B yang bisa didapat dari sayuran hijau, telur, dan protein.

6. Aplikasi eksternal
Salah satu cara pengobatan yang paling mujarab untuk mengontrol ketombe adalah dengan ramuan lemon dan minyak mustrad. Oleskan campuran beberapa tetes lemon dan minyak mustard pada kulit kepala, pijit perlahan dan biarkan selama satu jam. Kemudian setelah itu cucilah rambut dengan air bersih.

Semoga informasi tentang cara menghilangkan ketombe secara alami di atas bisa bermanfaat membantu merawat dan menjaga agar rambut dan kulit kepala Anda tetap sehat dan indah.

loading...
Loading...

Hasil pencarian:

cara membuat mustard oil, cara mengobati ketombe dengan mustard oil
6 Cara Alami untuk Menghilangkan Ketombe | inicarak | 4.5