Loading...

6 Cara Ampuh untuk Meningkatkan Konsentrasi

Banyak hal yang membutuhkan daya konsentrasi tinggi, termasuk dalam hal melakukan pekerjaan. Bahkan banyak orang yang merasa stres ketika dia tidak mampu memahami materi dari pekerjaan yang sedang dijalaninya. Yang sebenarnya itu terjadi karena dia kurang konsentrasi.

Untuk meningkatkan daya konstentrasi, ada beberapa hal yang bisa Anda coba lakukan. Dan berikut ini adalah 6 cara ampuh untuk meningkatkan konsentrasi yang bisa Anda coba:

1. Sarapan
Pastikan untuk selalu sarapan setiap harinya. Sembilan dari sepuluh orang yang tidak sarapan akan merasa sangat lelah dan sulit berkonsentrasi di sore hari, demikian menurut seorang ahli diet, Elizabeth Somer.

loading...

Somer juga mengtakan, bahwa makan karbohidrat dan protein saat makan siang, ampuh untuk memaksimalkan energi dan menjaga konsentrasi.

2. Minum teh
Teh mengandung zat alami berupa kafein dan L-theanine (zat psikoaktif yang mempengaruhi aktivitas otak), demikian hasil penelitian dari Unilever Research and Development Vlaardingen di Belanda.

“Kombinasi kafein dan L-theanine dalam teh membantu memudahkan otak berkonsentrasi,” kata peneliti dari Lipton Institute of Tea di Unilever Research and Development, Suzanne Einother.

3. Kunyah permen karet
Mengunyah permen karet dapat berdampak positif bagi daya pikir dan ingatan, demikian hasil penelitian yang dilakukan Victoria Pendleton dari University of Northumbria di Inggris.

“Ada dua teori. Pertama, mengunyah bisa meningkatkan detak jantung sehingga menyebabkan lebih banyak oksigen dan nutriea yang dipompa ke otak. Kedua, mengunyah akan meningkatkan produksi insulin, merangsang bagian otak yang berhubungan dengan daya ingat,” ungkap Victoria.

4. Tertawa
Luangkan waktu beberapa menit untuk tertawa saat Anda merasa sulit untuk berkonsentrasi, misalnya saja dengan menonton film atau cerita lucu. Dengan tertawa tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang ampuh memicu rasa senang dan bahagia. Sehingga pikiran Anda menjadi lebih tenang.

5. Mendengarkan musik
Musik dapat merangsang koneksi antar neuron, demikian menurut psikolog, Tjipto Susana. Jadi, jika seseorang mendengarkan musik, ada bagian syaraf yang dirangsang untuk selalu berkoneksi. Hal tersebut dapat memudahkan konsentrasi.

6. Istirahat
Beristirahatlah saat tubuh sudah merasa lelah karena terus bekerja dan berpikir. Jangan memaksakan tubuh untuk terus bekerja. Memaksakan kondisi tubuh justru akan menimbulkan berbagai penyakit, seperti pusing, demam ataupun badan lemas.

Loading...

Hasil pencarian:

Cara agar tetap fokus
6 Cara Ampuh untuk Meningkatkan Konsentrasi | inicarak | 4.5