Loading...

6 Tips Cara Berpuasa yang Nyaman untuk Orang Lanjut Usia

Ketika berpuasa, maka pola makan sehari-hari akan berubah. Apalagi saat bulan Ramadhan, dimana umat muslim diwajibkan untuk menjalankan puasa sebulan penuh. Dengan berubahnya pola makan, maka jumlah asupan kalori yang masuk ke tubuh pun jadi berkurang. Inilah yang membuat banyak orang khawatair jika para orang tua yang berusia lanjut (lansia) tidak mampu menjalankan puasa di bulan Ramadhan.

Dr. Eddy Rizal Wahyudi, SpPD, K-Ger, FINASIM, seorang Konsultan Geriarti, memberikan tips-tips bagaimana agar para lansia bisa berpuasa dengan nyaman seperti yang dikutip dari laman Liputan6.com:

1. Asupan Cairan
Untuk mencegah tubuh kekurangan cairan, konsumsilah cairan 30-50 cc/kg per hari atau setara dengan 8-10 gelas. Adapun takaran atau porsi mengonsumsi cairan saat puasa yaitu 2 gelas saat berbuka, 3-4 gelas setelah tarawih, 1 gelas sebelum sahur dan 1-2 gelas saat sahur.

loading...

2. Pola Makan
Untuk membatalkan puasa, awali berbuka dengan yang manis, sementara untuk makan berat sebaiknya dilakukan setelah shalat maghrib. Untuk pola makan saat sahur konsumsilah 40 persen kalori, 50 persen saat berbuka (dibagi sebelum dan sesudah salat maghrib) dan 10 persen setelah shalat tarawih.

3. Hindari Minum Es
Konsumsi Air atau jus buah antara berbuka dan sebelum tidur. Sebaiknya hindari terlalu banyak es karena bisa menahan rasa kenyang sehingga minat untuk mengonsumsi makanan lengkap pun akan menurun.

4. Gizi yang Seimbang
Komposisi gizi harus seimbang, batasi makanan yang digoreng dan tinggi kandungan lemak. Batasi juga makanan yang lebih cepat dicerna seperti gula.

5. Saat Sahur dan berbuka puasa
Saat sahur disarankan untuk membatasi mengonsumsi minuman teh atau kopi, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lambat dicerna dan tinggi akan serat.

Saat berbuka disarankan untuk mengonsumsi kurma, karena banyak mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan juga magnesium. Pisang juga baik dikosumsi karena merupakan sumber kalium, magnesium dan karbohidrat.

6. Kontrol Kesehatan
Cukupi konsumsi vitamin dan mineral. Waspadai terjadinya kekurangan cairan. Lakukan kontrol ke dokter sebelum mulai puasa Ramadhan.

Loading...
6 Tips Cara Berpuasa yang Nyaman untuk Orang Lanjut Usia | inicarak | 4.5