Loading...

6 Cara Mencegah Stretch Mark

Stretch mark adalah suatu kondisi hilangnya atau menipisnya permukaan kulit sehingga menyebabka terjadinya cekungan-cekungan di permukaan kulit. Penyebab stretch mark yaitu karena kulit mengalami gangguan berupa peregangan dalam waktu cepat, seperti saat hamil, perubahaan dari kurus ke gemuk atau sebaliknya. Selain itu, penggunaan steroid untuk pembentukan tubuh juga bisa jadi penyebab strech mark.

Meski stretch mark tidak bisa dihilangkan, namun masih bisa dicegah ketika stretch mark masih berwarna kemerahan (masih tahap awal).

Adapun enam cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah stretch mark yaitu:

loading...

1. Perbanyak makan sayuran untuk menjaga kelembapan kulit dan memperkuat elastisitas kulit. Kelembapan, kelenturan, dan kesehatan kulit ikut menentukan terjadinya stretch mark. Olahraga juga bisa membantu mempertahankan elastisitas kulit.

2. Pencegahan bisa dilakukan dengan memberi pelembap yang akan memberikan rasa hangat. Aplikasikan dengan gerakan pijatan. Tujuannya untuk membuat peredaran darah terangsang sehingga memberi nutrisi pada kulit.

3. Saat sedang hamil, gunakan minyak zaitun atau olive oil. Warnanya yang bening dan berkilau kaya akan vitamin A, B1, B2, C, D, E, K, dan zat besi. Oleskan pada perut dan bagian kulit tubuh yang rentan mengalami peregangan.

4. Bersihkan area seputar stretch mark dengan body scrub sebelum mandi. Pemakaian 2 kali seminggu akan melembutkan kulit dan menyamarkan guratan.

5. Jika sudah terjadi stretch mark, meskipun tidak bisa dihilangkan secara sempurna, namun masih bisa disamarkan dengan perawatan microdermabrasi, peeling, atau penggunaan losion pelembut yang mengandung AHA.

6. Untuk menyamarkan stretch mark, Anda bisa menggunakan produk tanning (penggelap kulit). Oleskan tipis sesuai guratan dan biarkan mengering, lalu baurkan secara merata. Ini sifatnya hanya sementara saja, dan bukan untuk menghilangkannya.

Loading...
6 Cara Mencegah Stretch Mark | inicarak | 4.5