Loading...

6 Cara Mengatasi Payudara Bengkak dan Rasa Nyeri Setelah Menyapih

Memberikan ASI eksklusif kepada bayi sangat dianjurkan oleh dokter. Ketika bayi sudah memasuki usia 6 bulan keatas selanjutnya ibu bisa juga memberikan makanan tambahan sebagai pendamping ASI hingga usia bayi memasuki 2 tahun.

Meski tidak ada patokan pasti kapan harus menghentikan pemberian ASI pada anak, namun umumnya ketika usia 2 tahun anak sudah tidak lagi diberikan ASI, istilahnya disapih.

Pada awal-awal menyapih, berbagai masalah biasanya akan dialami oleh ibu yang selama ini menyusui. Bisa berkaitan dengan emosi dan kesehatannya. Terkait masalah kesehatan, ibu yang baru menyapih anaknya biasanya akan mengalami masalah pada payudara. Misalnya adalah pembengkakan dan rasa nyeri yang muncul pada payudara.

loading...

Payudara yang bengkak dan timbut rasa nyeri memang hal yang umum dan lumrah dialami ibu yang baru menyapih anaknya. Penyebabnya adalah karena kelenjar susu pada payudara masih memproduksi air susu sehingga dengan adanya produksi susu ini maka akan mendorong payudara sehingga selain membuat payudara besar juga akan kerasa dan muncul rasa nyeri atau sakit.

Cara Mencegah dan Mengatasi Payudara Bengkak dan Nyeri Setelah Menyapih

Sewajarnya muncul rasa nyeri dan payudara terlihat membengkak pada masa awal menyapih. Karenanya untuk mengurangi efek tersebut bisa dilakukan dengan cara menyapih dilakukan secara bertahap.

1. Pompa ASI
Untuk mengurangi efek menyapih pada payudara yang seringkali terasa begitu menyiksa, perlu dilakukan perawatan payudara yang tepat. Misalnya saja dengan sesekali memompa payudara untuk mengeluarkan dan mengurangi ASI dari payudara. Proses memompa payudara ini bisa dilakukan sampai dirasa nyaman dan atau nyeri berkurang. Jangan sampai terkuras habis karena justru akan merangsang kelenjar payudara untuk memproduksi ASI lagi.

2. Pijat Payudara
Pemijatan pada payudara bisa menimbulkan efek relaksasi sehingga membuat rasa nyaman. Pijat payudara juga perlu dilakukan secara rutin terutama saat anda merasa ada gumpalan di payudara. Bisa jadi itu karena adanya penyimbatan pada saluran air susu.

Sebelum memijat, terlebih dahulu kompres payudara dengan kompres hangat dan setelah dilakukan pemijatan bisa dilanjutkan dengan pemberian kompres dingin pada payudara.

3. Kompres Es
Kompres payudara dengan kompres dingin juga bisa membantu mengurangi rasa nyeri pada payudara. Celupkan lap atau kain dalam air es, peras untuk mengurangi airnya dan gunakan untuk mengompres payudara.

4. Ganti Ukuran BH atau Bra
Pembengkakan payudara membuat rasa tidak nyaman, ditambah lagi dengan gesekan yang ditimbulkan dari penggunaan bra. Karena itu, anda bisa mengganti ukuran payudara ke yang lebih besar atau cukup dengan mengendurkan bra.

5. Jaga Pola Makan Sehat
Menjaga pola hidup dengan konsumsi makanan sehat juga perlu dilakukan. Jangan lupakan asupan vitamin dan cukupi istirahat tiap malam. Vitamin memastikan gizi yang cukup saat tubuh sedang mengalami perubahan pasca menyapih. Sedangkan tidur adalah cara terbaik bagi tubuh untuk mengembalikan kondisi dan menyembuhkan diri sendiri.

6. Minum Obat Pereda Rasa Sakit atau Nyeri
Bila dirasakan setelah beberapa lama menyapih namun payudara tetap masih merasa nyeri, maka anda bisa coba konsumsi obat pereda sakit atau nyeri. Untuk itu anda bisa coba minum obat seperti paracetamol atau ibuprofen. Obat tersebut dapat membantu meredakan rasa sakit dan bengkak. Namun alangkah baiknya bila terlebih dahulu anda konsultasikan dengan dokter.

Untuk menghindari pembengkakan dan rasa nyeri pada payudara setelah menyapih, salah satu hal yang terpenting adalah bagaimana caranya untuk menghentikan produksi ASI. Karena dengan berkurang atau berhentinya produksi ASI, maka payudara tidak akan mengalami pembengkakan sehingga terhindar dari rasa nyeri yang ditimbulkan. Untuk itu anda bisa coba lakukan dengan cara mengonsumsi beberapa bahan alami yang bisa membantu mengurangi dan menghentikan produksi ASI. Misalnya saja dengan minum teh daun sage dua gelas tiap hari guna membantu mengeringkan air susu.

Loading...

Hasil pencarian:

awal menyapih anak susu bengkak harus bagaimana, cara menghilangkan rasa sakit sapih
6 Cara Mengatasi Payudara Bengkak dan Rasa Nyeri Setelah Menyapih | admin | 4.5