Loading...

6 Cara menghindari skimming pada kartu kredit kamu

Sebelum membahas tentang tips menghindari skimming pada kartu kredit kamu, ada baiknya kita mengenal dahulu apa itu skimming. Berdasarkan penjelasan yang tertera pada laman How Stuff Works, pengertian card skimming adalah aktivitas menggandakan informasi yang terdapat dalam pita magnetik (magnetic stripe) yang terdapat pada kartu kredit maupun ATM/debit secara ilegal.

Maka dari itu setidaknya kamu harus berhati-hati jika data penting yang tersimpan dalam strip magnet kartu kredit kamu bisa dicuri secara ilegal, melalui skimming, orang yang tidak bertanggung jawab bisa saja mencuri informasi penting kartu kredit kamu sehingga mereka bisa mengakses rekening kamu, atau hal yang lebih buruknya lagi adalah membuat kloning kartu kredit atas kamu kamu, dan mereka bisa menggunakannya secara bebas tanpa perlu membayar tagihannya. Tentunya kamu perlu waspada, maka dari itu kali ini akan kita sajikan tips pencegahan agar kamu terhindar dari kejahatan skimming:

  1. Pilihlah mesin ATM yang aman
  2. Kamu harus perhatikan saat kasir akan men-swipe kartu kreditmu, kamu harus memastikan jika kasir pada tempat kamu berbelanja menggunakan kartu kredit yang kamu punya secara aman, jika kamu merasa ragu-ragu atau curiga sebaiknya mintalah kasir tersebut untuk mengembalikannya.
  3. Terkadang skimming terjadi di restoran, tempat hiburan malam dan pom bensin karena pemilik kartu kredit sering membiarkan menyerahkan langsung kartunya untuk dibawa ke mesin EDC.
  4. Waspadalah dengan kamera CCTV dan keypad palsu, benda mencurigakan yang terdapat di ATM termasuk kamera yang menyoroti keypad dan keypad palsu yang diletakkan diatas keypad asli. Keypad palsu ini akan merekam PIN Anda, jika keypad terasa lebih keras dari biasanya maka kamu harus berhati-hati karena ditakutkan ada sesuatu hal yang mencurigakan didalamnya.
  5. Jika kamu melihat kejanggalan pada mesin ATM, segera batalkan transaksi dan keluarkan kartu Anda. Kemudian, laporlah pada pihak bank untuk mencegah jatuhnya korban.
  6. Jika kamu mendapat tagihan pembelanjaan yang mencurigakan, secepatnya hubungi bank Anda.

Maka mulai sekarang ada baiknya kamu mulai berhati-hati sehingga tentunya kamu akan terhindar dari kejahatan skimming ini dan tentunya kartu kredit kamu akan tetap aman.

Selamat mempraktikkan tips kali ini ya!

Artikel ini ditulis oleh http://www.halomoney.co.id

loading...
About these ads
Loading...

Hasil pencarian:

cara menghindari skimming atm, menghindari dari skiming yg lg marak di mesin ATM
6 Cara menghindari skimming pada kartu kredit kamu | inicarak | 4.5