Loading...

6 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Biar Tidak Gampang Sakit Saat Musim Hujan

Musim penghujan membuat hujan bisa turun kapan saja. Pagi cerah bisa jadi tiba-tiba hujan turun di siang hari atau mungkin sore hari. Karena itu kita harus selalu mempersiapkan barang-barang yang berguna untuk mencegah kita dari terguyur hujan.

Dinginnya guyuran hujan tidak hanya membuat tubuh menggigil, namun juga bisa menyebabkan tubuh jatuh sakit.

Daya tubuh yang rendah ditambah lagi dengan dinginnya guyuran hujan membuat tubuh menjadi lebih rentan sakit. Karenanya, usahakan untuk selalu membawa payung ataupun jas hujan agar tidak sampai kehujanan di jalanan. Kalaupun sampai kehujanan, segera mandi dengan mengguyur seluruh badan dari ujung kepala sampai ujung kaki.

loading...

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Biar Tidak Gampang Sakit Saat Musim Hujan

Sebagaimana yang dikutip dari laman Onlymyhealth, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar badan tidak sakit setelah tubuh basah karena kehujanan, diantaranya:

1. Segera lepaskan baju yang sudah basah
Segera lepas semua pakaian yang sudah basah karena kehujanan agar airnya tidak meresap ke dalam paru-paru begitu anda sampai di rumah.

2. Segera mandi dan bersihkan kaki
Rendam kaki dalam air hangat untuk menyingkirkan semua kuman yang mungkin telah terkumpul saat menginjak genangan air. Bahkan untuk menghilangkan kuman-kuman tersebut, anda juga bisa menggosok kaki menggunakan garam. Jika sudah anda bisa lanjutkan untuk segera mandi dengan air hangat menggunakan sabun antiseptik.

3. Keringkan rambut dengan benar dan lembabkan kulit
Tidak hanya badan, keringkan juga rambut baik dengan handuk atau dengan pengering rambut agar rambut cepat kering. Ini penting dilakukan agar anda tidak terkena flu.

Mandi dengan air hangat bisa membuat kulit menjadi kering. Karenanya gunakan pelembab untuk melembabkan kulit, serta untuk mencegah gatal-gatal atau infeksi.

4. Minum teh panas
Untuk membantu menghangatkan tubuh setelah kehujanan, ada baiknya untuk minum teh panas bila anda tidak menemukan jahe di dapur. Makan sup juga bisa menjadi pilihan lain yang bisa membantu tubuh menjadi lebih hangat.

5. Minum air putih
Secara tidak langsung air bisa mencegah dan terkadang juga bisa mengobati semua penyakit. Dengan membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik, maka air akan membantu melawan virus penyebab pilek dan flu. Selain itu, air juga membersihkan tubuh dengan menyingkirkan kuman dan bakteri melalui urin anda. Karenanya di musim penghujan ini ada baiknya untuk tetap memperbanyak konsumsi air putih.

6. Konsumsi vitamin C
Manfaat dari rutin minum vitamin C bisa membantu menyingkirkan gejala dari pilek dan flu akibat sering kehujanan.

Itulah beberapa cara mencegah tubuh sakit setelah kehujanan di jalan yang bisa dilakukan. Selain dengan menerapkan langkah-langkah sederhana di atas, lakukan juga olahraga secara rutin. Karena dengan olahraga akan mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Loading...
6 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Biar Tidak Gampang Sakit Saat Musim Hujan | admin | 4.5