Loading...

6 Cara untuk Mencegah dan Mengatasi Gigi Kuning

Normalnya, warna gigi adalah putih. Namun demikian, gigi bisa berubah warna menjadi kuning sebab adanya penumpukan plak karena kebiasaan tertentu yang memicu warna gigi menjadi kuning. Beberapa penyebab gigi kuning misalnya, merokok, mengonsumsi teh dan kopi dan sebagainya.

Untuk mengatasi masalah gigi kuning tidak cukup hanya dengan cara menggososk gigi dua kali sehari. Namun perlu dilakukan upaya yang lebih untuk menghilangkan warna kekuningan pada gigi.

Untuk mengembalikan agar gigi kuning Anda bisa kembali berubah menjadi putih, Anda bisa mencoba tips berikut ini:

loading...

1. Berhenti merokok
Merokok adalah kebiasaan buruk yang menjadi salah satu alasan terbesar penyebab gigi kuning. Tidak ada permen karet atau pencuci mulut yang bisa membuat gigi menjadi putih jika Anda tidak berhenti merokok. Untuk itu, berhenti merokok adalah pilihan tepat untuk mendapatkan gigi lebih bersih dan putih.

2. Kumur-kumur setelah makan
Sesudah makan sesuatu, berkumur-kumurlah dengan air. Jika Anda mengikuti aturan dasar kebersihan gigi ini, tidak hanya mencegah gigi berwarna kuning, namun Anda juga bisa terhindar dari banyak masalah gigi.

3. Makan makanan berserat
Buah dan sayur yang mengandung serat tinggi bisa membantu memutihkan gigi. Misalnya, apel, pir, jambu dan yang lainnya. Makanan yang berserat ini membersihkan gigi secara efektif.

4. Minum dengan sedotan
Minum dengan sedotan bisa menyebabkan masuknya udara ke dalam perut yang bisa menyebabkan perut kembung. Namun demikian, minum dengan sedotan bisa bermanfaat mencegah gigi berwarna kuning.

Beberapa minuman seperti teh dan kopi bisa menyebabkan noda pada gigi. Minuman bersoda tertentu juga bisa membuat lapisan email pada gigi terkikis. Jadi, jika Anda tidak bisa menghindari minuman itu, sebaiknya minumlah dengan sedotan. Minum dengan sedotan akan lebih meminimalisir terjadinya kontak dengan minuman penyebab gigi berwarna kuning.

5. Gosokkan gigi dengan garam dan minyak sawi
Menggosokkan garam dan minyak sawi (mustard) bisa membersihkan warna makanan yang menumpuk dan plak pada gigi. Anda bisa menggunakan jari untuk menggosok gigi atau mencelupkan kapas pada minyak sawi dan garam. Lakukan ini setiap sebulan sekali.

6. Gosok gigi dengan baking soda
Baking soda dipercaya bisa memutihkan gigi. Gosoklah gigi dengan baking soda sesekali untuk memutihkan gigi secara instan.

Loading...
6 Cara untuk Mencegah dan Mengatasi Gigi Kuning | inicarak | 4.5